Ponsel Paling Laris Sepanjang Masa

Ponsel Paling Laris Sepanjang Masa

idolatekno.com – Jika ditanya mengenai ponsel yang paling laris di dunia, pasti sebagian besar orang akan menjawab ponsel yang paling populer saat ini adalah iPhone atau Galaxy, dua smartphone. Namun, semua jawaban itu salah karena sebenarnya produk Nokia-lah yang masih memegang rekor tersebut.

Pada beberapa waktu yang lalu, situs ZDNet telah melakukan sebuah riset yaitu merangkum data dari berbagai sumber untuk dapat menentukan 20 ponsel terlaris dalam kurun waktu dari tahun 2000 sampai pada saat ini atau pada era milenium.

Dari hasil riset tersebut, terlihat bahwa ternyata produk Nokia-lah yang lebih unggul dalam hal adu laris. Pada dasarnya ponsel Nokia 1100-lah yang telah mengantarkan Nokia menjadi sebuah produk nomor satu dalam hal penjualan gadget-nya.

Dari data-data yang ada, tercatat bahwa ponsel yang diluncurkan oleh Nokia pada tahun 2003 tersebut telah habis terjual lebih dari 300 juta unit. Meskipun produk Nokia dapat dikatakan masih kalah jika dilihat dari hasil jumlah penjualan kumulatif semua seri iPhone, namun Nokia 1100 ini tetap masih lebih unggul jika dibandingkan dengan tiap-tiap model iPhone yang telah dikeluarkan oleh Apple.

Kesuksesan produk Nokia 1100 yang hanya memiliki layar monokrom dan fungsi dasar telepon dan SMS bisa laku keras dipasaran karena utamanya didukung oleh harga jualnya yang relatif lebih murah. Ponsel tersebut pada masa kejayaannya dibandrol dengan harga rata-rata 10 dollar AS.

Sebenarnya layar Nokia 1100 hanya memiliki resolusi sebesar 96 x 65 piksel dan menampilkan empat baris pesan teks saja. Ponsel ini juga tidak memiliki sebuah browser, kamera, dan juga tidak ada koneksi mobile data di dalamnya. Game yang dimiliki oleh produk ini pun hanya dua macam, satu di antaranya adalah game Snake.

Namun dibalik itu semua ternyata ada satu fitur yang menjadi sebuah ciri khas dari Nokia 1100, yaitu adanya lampu senter yang berada di bagian atas ponsel. Untuk menyalakan senter tersebut, pengguna cukup menekan tombol “C” beberapa saat.

Sepertinya, prestasi penjualan dari Nokia 1100 masih akan bertahan dalam kurun waktu yang cukup lama.
Memang kita tidak bisa memungkiri bohwa Apple bisa saja menjual 47 juta iPhone dalam satu kuartal. Samsung juga bisa menjual produk smartphone Galaxy-nya sekitar 20 juta unit. Namun, pada waktu sepuluh tahun yang lalu, angka tersebut tidak mungkin akan bisa setinggi itu jika kedua vendor terebut hanya menjual satu model ponsel saja.

Model pemasaran seperti yang dilakukan oleh Apple dan Samsung itulah yang membuat rekor Nokia 1100 sulit untuk dipecahkan. Karena sebenarnya Apple dan Samsung membuat model yang berbeda untuk satu brand yang sama.

Sementara Nokia, khususnya untuk divisi handset dan layanan, sejak dari tanggal 25 April yang lalu telah menjadi bagian dari Microsoft dan tidak akan memproduksi smartphone dengan brand mereka sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *