Samsung Kalahkan Gabungan 4 Produsen Ponsel

Posted on Mei 3 2014 - 1:23pm by Deni Abdul Gani

idolatekno.com – Di negara Amerika Serikat mungkin Apple memang telah menjadi sebuah sosok raja ponsel pintar, namun meski demikian ternyata secara global sudah tidak bisa terbantahkan lagi bahwa Samsung-lah yang menyandang gelar sebagai raja ponsel pintar. Pada kuartal pertama tahun 2014, Samsung telah berhasil mengirimkan lebih banyak ponsel pintar jika dibandingkan dengan gabungan empat produsen besar yaitu Apple, Huawei, Lenovo, dan LG.

Menurut hasil catatan dari lembaga riset IDC, ternyata Samsung telah berhasil mengirimkan ponsel pintar ke seluruh dunia sebanyak 85 juta unit pada kuartal pertama tahun 2014. Memang pangsa pasar dari Samsung ini telah mengalami penurunan sebanyak 1,7 poin dari kuartal yang sama pada tahun 2013 yaitu 31,9 persen dan kini menjadi 30,2 persen.

Memang Samsung memiliki sebuah strategi yang sangat kuat untuk dapat merambah ke segala segmen konsumen di bidang bisnis ponsel guna menutupi suatu kesenjangan harga.Untuk segmen premium sendiri, Galaxy S5 dan Galaxy Note 3 merupakan produk andalan dari perusahaan ini.

Meskipun pangsa pasar pada ponsel pintar Samsung pada kuartal ini telah mengalami penurun, tetapi perusahaan yang berasal dari negara Korea Selatan itu sampai saat ini masih tetap mendominasi pasar ponsel pintar.

Untuk produsen ponsel pintar global yang menduduki peringkat kedua yaitu Apple dengan jumlah pengiriman produk sebanyak 43,7 juta unit ponsel pintar. Mengenai pangsa pasar dari Apple pada kuartal ini ternyata juga mengalami penurunan jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, pangsa pasar Apple ini kini menjadi 15,5 persen, sedangkan sebelumnya pangsa pasar dari Apple ini mencapai 17,1 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu menurut data yang diperoleh dari IDC, perusahaan ponsel pintar yang menempati peringkat ke tiga adalah Huawei dengan jumlah pengiriman produk sebanyak 13,7 juta unit, sedangkan untuk peringkat ke empat diduduki oleh Lenovo dengan jumlah pengiriman produk sebanyak 12,9 juta unit, serta pada peringkat ke lima ditempati oleh LG dengan jumlah pengiriman produk sebanyak 12,3 juta unit.

Menurut data dari IDC tersebut, jumlah total hasil pengiriman ponsel pintar dari seluruh produsen di dunia mencapai 281,5 juta unit pada kuartal pertama tahun 2014, jumlah ini ternyata mengalami penurunan sebesar 2,8 persen dari jumlah sebelumnya pada kuartal ke empat tahun 2013 yaitu sebanyak 289,6 juta unit.

About the Author

Leave A Response