Bill Gates Bukan Lagi Penguasa Microsoft

Posted on Mei 5 2014 - 1:24pm by Deni Abdul Gani

idolatekno.com – Untuk pertama kalinya dalam sejarah Microsoft, Bill Gates yang merupakan salah satu pendiri dari perusahaan Microsoft kini tidak lagi memiliki saham mayoritas di dalam perusahaan yang bergerak dibidang software itu. Menurut prediksi, saham Bill tersebut secara berkala akan habis dalam kurun waktu empat tahun ke depan.
Menurut informasi yang berkembang, mantan CEO Microsoft tersebut telah menjual sebagian sahamnya dan saat ini Bill Gates hanya memiliki saham sekitar 330,1 juta saja.

Adapun urutan teratas dalam hal kepemilikan saham di Microsoft kini diduduki oleh Steve Ballmer yang merupakan mantan CEO Microsoft juga, jumlah saham yang dimiliki oleh Steve Ballmer di Microsoft yaitu sebanyak 333 juta.

Menurut US Securities and Exchange Commission, jumlah saham yang telah dilepaskan oleh Gates pada tanggal 30 April lalu tersebut jumlahnya hampir mencapai 4,6 juta lembar. Namun sampai pada saat ini dari total kepemilikan saham Microsoft, Gates dan Ballmer ternyata sama-sama memiliki 4 persen saham.

Memang dari sejak dahulu kira-kira sudah berlangsung selama lebih kurang 12 tahun terakhir ini Bill Gates selalu melepas sahamnya hampir disetiap tahun. Adapun jumlah total saham yang telah dijual oleh Gates sampai dengan saat ini ditaksir sudah mencapai 80 juta lembar.

Bill Gates menggunakan uang dari hasil penjualan sahamnya tersebut untuk mendanai yayasan yang telah didirikannya besdama istri tercintanya, yayasan tersebut bernama Bill & Mellinda Gates Foundation.

Adapun donasi yang telah berhasil disalurkan oleh yayasannya tersebut sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 28 miliar dollar AS. Donasi tersebut kebanyakan digunakan untuk mendanai sebuah penelitian tentang penanggulangan penyakit menular, termasuk di kawasan Indonesia.

Dengan tindakannya yang selalu menjual saham di Microsoft pada setiap tahun, maka diperkirakan pada tahun 2018 nanti Bill Gates tidak akan memiliki saham lagi di perusahaan yang telah didirikannya itu.

Namun meskipun demikian, Bill Gates masih tetap akan menjadi orang yang terkaya di dunia dengan jumlah kekayaannya yang mencapai 76 miliar dollar AS.

About the Author

Leave A Response