Seperti Apa Ponsel Android Rp 200.000-an?

Posted on Mei 7 2014 - 2:36pm by Deni Abdul Gani

idolatekno.com – Pada zaman sekarang ini, harga dari sebuah ponsel pintar yang paling murah yaitu kira-kira berkisaran antara Rp 600.000 atau mungkin bisa mencapai harga Rp 500.000. Namun adakah sebuh ponsel pintar yang harganya mencapai Rp 200.000 ? Jika dipikir-pikir rasanya tidak akan mungkin ada karena harganya terlalu murah.

Ternyata ARM yang merupakan sang perancang dari chip yang produk hasil karyanya telah banyak digunakan oleh berbagai produsen gadget baru-baru ini telah memprediksikan bahwa pada tahun ini sebuah ponsel pintar seperti android harganya bisa turun hingga mencapai kisaran 20 dollar AS atau setara dengan Rp 230.000.

Dan yang lebih mengagetkan lagi, harga yang diprediksikan tersebut ternyata lebih rendah jika dibandingkan dengan angka yang telah diumumkan oleh Mozilla untuk sebuah ponsel pintar berbasis Firefox OS dalam acara Mobile World Congress 2014 yang dilaksanakan pada bulan Februari 2014 lalu yaitu sebesar 25 dollar AS.

Dengan harga yang dapat dikatakan rendah tersebut, ponsel pintar yang dimaksud akan hadir dengan sebuah spesifikasi hardware yang telah dipangkas habis-habisan. Menurut sebuah slide yang diperlihatkan oleh ARM dalam konferensi Tech Day, ponsel pintar ini akan memuat sebuah prosesor single-core yang berbasis ARM Cortex A5 dan koneksi data 2,5 G (EDGE).

Walaupun terkesan miris, namun menurut catatan dari AnandTech ternyata Cortex A5 dapat dikatakan masih lebih kencang jika dibandingkan dengan ARM11 pada iPhone generasi pertama, yang dijual dengan harga 599 dollar AS pada saat diluncurkan di tahun 2007 lalu. Menurut penuturan dari ARM, produk android yang harganya hanya mencapai Rp 200.000-an itu dalam waktu beberapa bulan ke depan seharusnya sudah bisa memasuki pasar.

Perancang chip itu juga telah mengatakan bahwa produk yang merupakan perangkat-perangkat murah seperti ini secara tidak langsung akan mampu mendorong pertumbuhan angka pengapalan dari perangkat ponel pintar dan tablet kelas bawah serta menengah hingga mencapai dua kali lipat lebih besar dalam lima tahun ke depan.

Pada tahun 2018 nanti, ARM juga telah memprediksikan bahwa jumlah angka total dari pengapalan perangkat mobile akan mampu mencapai kisaran angka 2,5 miliar unit per tahunnya, dan lebih dari 1 miliar di antaranya diperkirakan merupakan sebuah model entry level atau harganya berada di bawah angka 150 dollar AS.

About the Author

Leave A Response