Tahun Ini Pengguna Internet Capai 3 Miliar

Posted on Mei 8 2014 - 2:09pm by Deni Abdul Gani

idolatekno.com – International Telecomunications Union atau disingkat dengan ITU dalam laporan terbarunya telah mengatakan bahwa sampai dengan akhir tahun 2014 nanti, diprediksikan jumlah keseluruhan pengguna internet di dunia akan mencapai 3 miliar orang. Dan dua pertiganya merupakan para pengguna yang berasal dari penduduk di negara-negara yang sedang berkembang.

Menurut data yang telah dikutip dari The Verge pada hari Kamis tanggal 8 Mei 2014, jumlah pengguna internet sebanyak 3 miliar tersebut dapat dikatakan sama atau setara dengan 40 persen dari populasi penduduk yang ada di seluruh dunia. Prediksi yang diungkapkan oleh International Telecomunications Union tersebut juga didasarkan pada jumlah total pengguna internet di tiga bulan terakhir ini dan bukan berdasarkan pada jumlah pengguna yang sebelumnya telah memiliki akses internet.

Menurut penjelasan dari ITU, pada saat ini di negara-negara yang sudah maju penetrasi internet sudah sampai pada titik jenuhnya. Sedangkan di negara-negara yang sedang berkembang, pada saat ini penetrasi internet justru sedang melaju kencang.

Sebagai sebuah perbandingan, sampai pada akhir tahun 2014 nanti, tiga dari empat penduduk di kawasan Eropa akan tetap menggunakan internet, sementara itu di kawasan Amerika perbandingan pengguna internetnya akan menjadi dua berbanding tiga, sedangkan di kawasan Asia perbandingannya yaitu satu berbanding tiga. Sementara itu untuk kawasan Afrika sendiri, perbandingannya baru bencapai satu berbanding lima.

Untuk adopsi internet mobile sendiri juga diprediksi akan mengalami laju yang cukup kencang. Menurut ramalan dari International Telecomunications Union, sampai pada akhir tahun ini akan ada 2,3 miliar yang merupakan pelanggan internet mobile.

Berdasar data-data tersebut, International Telecomunications Union sangat yakin bahwa jumlah pengguna internet di seluruh dunia akan mengalami perkembangan yang lebih pesat dari yang telah diprediksikan sebelumnya.

Dari hasil survei yang telah dilakukan oleh Cisco sendiri terungkap bahwa pada tahun ini jumlah keseluruhan perangkat yang terhubung dengan internet akan mencapai 10 miliar, sedangkan pada tahun 2020 nanti jumlah tersebut akan menalami lonjakan hingga mencapai 50 miliar perangkat.

About the Author

1 Comment so far. Feel free to join this conversation.

  1. Sewa Mesin Fotocopy Maret 27, 2016 at 10:46 am - Reply

    Wuhh.. Bagaimana dengan tahun 2016?

Leave A Response