ZTE Mulai Jual Ponsel Firefox OS

Posted on Mei 10 2014 - 12:59pm by Deni Abdul Gani

idolatekno.com – Pada hari Kamis tepatnya tanggal 8 Mei 2014 lalu, sebuah produsen ponsel yang berasal Tiongkok yaitu ZTE telah mengumumkan bahwa mereka kini telah mulai menjual ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Firefox OS. Adapun penjualan dari produk ini dilakukan melalui perantara yaitu sebuah situs jual beli yang bernama eBay, namun sangat disayangkan penjualan dari produk ini terbatas yaitu hanya bagi para konsumen yang berada di Amerika Serikat saja.

Produk terbaru tersebut dinamai dengan “ZTE Open C”. Ponsel pintar Firefox OS yang merupakan hasil karya dari ZTE tersebut saat ini sudah bisa dipesan melalui situs eBay, produk ini telah dibandrol dengan harga 99,99 dollar AS atau jika dalam rupiah jumlahnya sekitar Rp 1.000.000. Namun sayangnya orang yang berada di Indonesia tidak bisa memiliki produk ini, hal itu dikarenakan pada halaman eBay tersebut pihak ZTE telah mencantumkan bahwa Indonesia adalah negara pengecualian dari pengiriman produknya.

Jika dilihat dari sisi spesifikasinya, produk ZTE Open C ini menggunakan sebuah desain layar berukuran 4 inci dengan prosesor Qualcomm Snapdragon dual core 1,3 GHz. Pihak ZTE telah mengklaim bahwa ponsel terbaru ini menjalankan Firefox OS paling anyar yang dilengkapi dengan fitur-fitur seperti akses pemutaran musik secara langsung dari lock screen dan juga dapat berbagi file melalui sebuah koneksi Bluetooth dengan lebih dari satu perangkat.

Menurut data yang dikutip dari Recode, penjualan dari ponsel Firefox OS ini akan menjadi sebuah stratgei ZTE untuk dapat menjual perangkat yang lebih murah lagi di masa depan.

Perusahaan ZTE sendiri telah berhasil merilis sebuah ponsel Firefox OS pertamanya yaitu ZTE Open C pada bulan Juli tahun 2013 lalu yang waktunya bersamaan dengan vendor Alcatel dengan produknya yaitu seri One Touch Fire. Namun sayangnnya kedua ponsel pintar tersebut baru dipasarkan pada beberapa negara saja dan salah satunya adalah Negara Spanyol.

Rencananya Mozilla yang selaku pengembang dari Firefox OS tersebut bersama-sama dengan sejumlah mitra pembuat ponsel akan melakukan pemasaran dari produk terbarunya ke negara Amerika Latin, Eropa Tengah, Eropa Timur, dan secepatnya akan memasuki kawasan Asia.

Selain perusahaan ZTE dan Alcatel, ternyata perusahaan besar lainnya seperti Huawei dan LG juga telah berkomitmen untuk ikut serta dalam mendukung Firefox OS ini. selain itu, perusahaan raksasa teknologi yang berasal dari Jepang yaitu Sony juga telah membuat ponsel Firefox OS pada awal tahun 2014 lalu.

Mengenai aplikasinya, Firefox Marketplace atau toko aplikasi Firefox OS sampai saat ini telah memiliki sejumlah aplikasi populer seperti Pinterest, Line, YouTube, Facebook, dan Twitter.

About the Author

Leave A Response