Tiga Versi Windows yang Rawan Program Jahat

Posted on Mei 16 2014 - 6:00am by Deni Abdul Gani

idolatekno.com – Saat ini perusahaan Microsoft telah benar-benar menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi dari Windows XP. Perusahaan MIcrosoft juga tak ada henti-hentinya meminta para pengguna untuk segera beralih kepada OS yang terbaru, hal ini dikarenakan pada versi yang lama risiko terkena virus atau program jahat lebih tinggi jika dibandingkan dengan OS yang terbaru.

Untuk lebih meyakinkan para pengguna sistem operasinya, perusahaan Mirosoft telah melakukan survei mengenai OS mana saja yang sangat rawan terhadap program-program jahat.

Dalam laporan terbaru dari Security Intelligence Report, Microsoft telah menemukan bahwa sistem operasi Windows Vista yang dirilis pada tahun 2007 lalu kini masih menjadi OS yang paling rawan terhadap serangan virus atau program jahat. Peringkat infeksinya mencapai 3,24 persen.

Sementara itu, untuk urutan kedua ditempati oleh sistem operasi Windows 7 yang memiliki peringkat infeksi mencapai 2,59 persen. Sedangkan untuk urutan ke tiga ditempati oleh sistem operasi Windows XP yang memiliki peringkat infeksi mencapai 2,42 persen.

Dalam laporan tersebut, pihak Microsoft mengklaim bahwa sistem operasi Windows 8.1 merupakan OS yang paling aman jika dibandingkan dengan OS yang lainnya. tingkat infeksinya merupakan yang terendah jika dibandingkan dengan yang lainnya yaitu mencapai 0,08 persen.

Untuk sistem operasi Windows 8 sendiri menurut informasi dari Microsoft untuk saat ini masih cukup aman jika dibandingkan dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows XP. Peringkat infeksi dari Windoes 8 ini hanya mencapai 1,73 persen.

Jika kita logikakan, program-program jahat dan virus selalu menyerang kepada suatu sistem operasi yang sudah populer, hal itu karena suatu sistem operasi yang populer seperti Windows 7 dan Windows XP lebih banyak dipakai oleh orang-orang dibandingkan dengan sistem operasi Windows 8 dan 8.1 yang usianya relatif lebih muda.

Dari semua versi Windows yang ada, jumlah pengguna dari Windows 7 sendiri menurut survei yang dilakukan oleh Marketshare sampai pada bulan Maret 2014 mengalami peningkatan dari awalnya hanya 48,77 persen sekarang menjadi 49,27 persen.

Sementara jumlah pengguna dari Windows XP dari bulan Maret sampai pada bulan April 2014 mengalami penurunan sebanyak satu poin menjadi 26,29 persen. Sedangkan jumlah pengguna dari sistem operasi Windows 8 dan Windows 8.1 jika keduanya digabungkan maka jumlah penggunanya mencapai 12 persen dari total keseluruhan sistem operasi Windows yang digunakan sampai pada saat ini.

About the Author

Leave A Response