Genset Kincir Air: Cara Baru untuk Mendapatkan Pasokan Listrik

Posted on Sep 29 2014 - 4:41am by rida tera

Dengan semakin merebaknya pemakaian genset , baik di kalangan industri maupun domestik, orang-orang semakin berlomba-lomba untuk menciptakan genset dengan bahan bakar yang terjangkau dan selalu tersedia setiap saat. Hal ini wajar dilakukan mengingat pemadaman listrik dapat terjadi kapanpun, sedangkan kita selalu membutuhkan pasokan listrik setiap saat. Ada satu jenis genset yang memungkinkan Anda mendapatkan pasokan listrik selama satu hari penuh tanpa perlu membeli bahan bakar apapun untuk mengoperasikan genset tersebut. Generator yang dimaksudkan adalah generator kincir air. Generator jenis ini dapat secara optimal memproduksi pasokan listrik dengan memanfaatkan energi dari air yang mengalir. Namun, sama seperti jenis genset lainnya, ketika Anda menggunakan generator kincir air, Anda harus siap dengan keuntungan dan kerugian yang diberikannya.

Sebelum lebih jauh lagi memahami tentang keuntungan dan kerugian generator kincir air, ada baiknya bila Anda mengerti terlebih dahulu tentang cara kerjanya. Pada umumnya, genset kincir air memiliki dua komponen, yaitu kincir dan dinamo. Kincir dari generator ini dapat Anda buat sendiri dari material apapun. Tapi perlu diingat, semakin ringan jenis material yang Anda gunakan, semakin baik pula hasil listrik yang didapatkan. Kebanyakan generator kincir air dibuat menggunakan bahan kayu. Jika Anda tertarik untuk membuatnya, ada banyak panduan tentang cara membuat kincir air dari kayu yang dapat Anda unduh di internet. Untuk menghasilkan daya listrik yang optimal, umumnya Anda memerlukan air yang mengalir dari ketinggian 1 meter dengan arus sebanyak paling tidak 20 galon per menit. Namun, jika Anda dapat mengatur ketinggian menjadi lebih tinggi lagi, arus air yang Anda butuhkan tidak sebanyak yang dibutuhkan pada ketinggian 1 meter. Arus air yang jatuh dari ketinggian tertentu ini kemudian membuat kincir air berputar. Poros dari kincir air tersebut terhubung dengan dinamo yang kemudian akan menghasilkan energi listrik. Cara kerjanya memang cukup sederhana, namun terbilang efektif untuk memproduksi listrik.

Apa keuntungan menggunakan genset kincir

Adapun keuntungan menggunakan genset kincir air ini adalah sumber energinya berasal dari energi yang bisa diperbarui. Biaya pemeliharaan yang dibutuhkan juga lebih sedikit dibandingkan generator dengan bahan bakar konvensional. Poin terpenting dalam penggunaan generator kincir air adalah tidak adanya pembuangan emisi yang berbahaya bagi lingkungan sekitar Anda. Sedangkan salah satu kerugian yang harus Anda hadapi adalah sulitnya memproduksi energi listrik yang kuantitasnya sama dengan energi yang dihasilkan genset konvensional. Ini artinya, ketika Anda menggunakan genset kincir air, Anda harus mengurangi kebutuhan energi listrik yang biasanya harus dipenuhi. Namun kerugian ini dapat diatasi dengan memiliki generator yang jenisnya berbeda. Selain itu, ketersediaan air sebagai sumber energi genset ini sangat bergantung pada musimnya. Pastinya akan sangat sulit menemukan air yang mengalir cukup deras ketika musim kemarau tiba. Jadi, dengan mengetahui keuntungan dan kerugian di atas, Anda dapat mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan gensetkincir air ini.

 

 

About the Author

Leave A Response