Umum

Macam Alergi Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Alergi bukan sesuatu yang asing bagi banyak orang. Tidak sedikit individu yang memiliki suatu alergi sehingga harus berhati-hati setiap waktu. Jika tidak memiliki alergi, paling tidak sudah paham mendengar istilah ini karena memang bukanlah sebuah penyakit atau gejala yang aneh dan seringnya tidak berbahaya. Namun, apa sebenarnya alergi itu? Apa saja macam alergi yang ada di dunia?

Alergi merupakan gangguan pada kekebalan tubuh manusia yang disebabkan oleh alergen. Pengertian alergen sendiri merupakan suatu substansi yang menyebabkan terjadinya alergi pada manusia. Alergen bisa sangat bermacam-macam. Menariknya, masih-masih manusia bisa jadi memiliki alergi pada suatu subtansi tertentu. Artinya, suatu alergen yang menyebebkan seseoran menderita alergi belum tentu akan menyebabkan alergi pula pada orang lain. Itulah mengapa ada banyak macam alergi yang hingga kini dikenal oleh dunia kedokteran. Namun tahukah Anda apa saja ragam alergi yang ada saat ini?

Dari banyaknya jenis alergi, ada 6 macam alergi yang jarang diketahui banyak orang. Ya, ketujuh alergi yang dimaksud bahkan terdengar aneh bagi orang yang tidak menderitanya. Jika selama ini mendengar orang memiliki alergi akan membuat Anda biasa saja, maka ketika mendengar adanya 6 alergi di sini bisa jadi Anda akan bingung dan heran. Untuk membuat Anda lebih mengenal tentang alergi dan mengusir rasa penasaran Anda, berikut ini adalah penjelasan 6 alergi yang jarang diketahui banyak orang:

Alergi daging merah

Jika orang lain melihat daging merah sebagai salah satu bahan makanan lezat dan kaya akan protein hewani, maka bagi sebagian orang justru melihatnya sebagai penyebab alergi. Ya, dalam dunia kedokteran dikenal adanya orang yang ternyata tidak bisa memakan daging merah sembarangan. Daging merah di sini contohnya adalah daging kambing, daging sapi, atau daging babi. Adanya orang yang alergi pada daging merah bukan karena kandungan protein hewani yang tinggi namun karena adanya zat gula dari daging hewan yang ternyata termasuk salah satu alergen. Bagi orang yang memiliki alergi daging merah, ada efek yang diterima setelah beberapa jam mengkonsumsinya. Antara lain seperti sesak napas, kulit memerah, dan juga mengalami gejala mirip seperti mengalami flu.

Alergi bahan kulit

Alergi yang cukup jarang didengar selanjutnya adalah alergi bahan kulit. Alergi ini disebabkan adanya kontak antara kulit manusia dengan aksesoris atau pakaian berbahan kulit misalnya saja sepatu kulit. Adanya alergi ini cukup menyiksa penderitanya lantaran ketika bersentuhan dengan barang berbahan kulit maka bagian tubuh tersebut akan langsung kemerahan dan minumbulkan ruam. Hal ini disebabkan adanya kulit manusia yang tidak bisa menerima suatu zat kimia yang digunakan dalam proses pembuatan barang berbahan kulit.

Alergi biji wijen

Pernahkah Anda mendengar adanya orang yang alergi pada biji wijen? Bahan yang satu ini padahal terkenal sebagai bahan pelengkap makanan agar memiliki tampilan yang menarik dan juga menambah rasa agar lebih enak. Namun, bagi sebagian orang justru biji wijen dianggap sebagai musuh karena bisa menyebabkan alergi. Penderita alergi ini sangatlah kecil jumlahnya. Mereka umumnya akan mengalami reaksi yang sama jika memakan biji wijen seperti akan sesak nafas, bengkak pada mulut dan tenggorokan, dan syok anafilaksis.

Alergi air

Ada pula orang yang alergi terhadap air. Sangat aneh, bukan? Alergi ini memang tergolong yang sangat langka tetapi nyata terjadi. Ada penderita alergi air yang akan langsung mengalami kemerahan dan gatal pada kulitnya jika terkenal air yang tentu akan sangat menyiksa tubuh. Bagaimana tidak, dalam keseharian tentu saja akan sulit jika menderita alergi air karena  banyak aktivitas yang akan membuat siapapun bersentuhan dengan air.

Alergi sinar matahari

Sama halnya dengan alergi air, alergi sinar matahari juga termasuk sangat langka. Ya, dalam dunia kedokteran dikenal pula adanya orang yang memang tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung karena akan menimbulkan reaksi alergi. Reaksi yang ditimbulkan berupa adanya kemerahan pada kulit dan gatal yang begitu menyiksa. Tidak banyak orang memiliki alergi seperti ini, namun rata-rata orang yang memilikinya akan mengalami reaksi alergi seteleha 30 menit terkena sinar matahari. Mereka akan sembuh sendiri dari reaksi alergi yang dialaminya setelah masuk ke dalam ruangan atau terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Alergi sperma

Bagaimana bisa seorang wanita memiliki alergi wanita? Terdengar aneh memang, namun itulah faktanya. Walaupun jarang terjadi dan tergolong langka, namun telah ditemukan kasus adanya wanita yang memiliki alergi sperma. Hal ini akan membuat penderitanya kesusahan ketika sudah memiliki pasangan dan ingin melakukan hubungan badan. Penderita alergi sperma akan merasakan gatal dan bengkak yang menyiksa jika bagian tubuhnya khususnya vagina terkena cairan sperma.

Tags

Tinggalkan Balasan

Close