bisnis

Tips Memulai Usaha Kuliner dan Franchise yang Kian Menjamur

Anda ingin bisnis tetapi bingung untuk memulainya? Simak artikel berikut untuk menjawab segala keraguan dan kebingungan Anda. Kali ini akan diulas mengenai berbagai tips untuk memulai bisnis kuliner khususnya bagi para pemula. Mengapa bisnis kuliner? Tak bisa dipungkiri bahwa bisnis di bidang kuliner ini merupakan peluang yang bagus dan selalu memiliki konsumen tersendiri. Apalagi kenyataan bahwa manusia selalu membutuhkan makanan untuk menunjang kelangsungan hidupnya.

Tips Bisnis Kuliner Sukses

Berbisnis memang memiliki risiko yang lebih daripada jenis pekerjaan lain. Namun jika Anda berhasil menjalankan bisnis ini, penghasilan yang didapatkan sangat menguntungkan. Beberapa tips berikut ini perlu Anda coba untuk memulai sebuah bisnis kuliner.

  • Membuat Perencanaan, Persiapan, dan Riset

Perencanaan, persiapan, dan riset ini merupakan satu paket yang tidak dapat dipisahkan dari unsur lainnya. Rencanakan tujuan Anda dalam berbisnis kuliner terkait siapa yang menjadi target usaha Anda. Persiapan dapat dimulai dari dalam diri Anda sendiri dan juga persiapan dari luar. Persiapan dari dalam diri Anda terkait dengan persiapan mental dan memantapkan niat untuk berbisnis kuliner. Persiapan dari luar termasuk modal, pemilihan kuliner, lokasi, dll. yang akan dibahas lebih detail pada tips berikutnya. Lakukan riset untuk mengetahui apakah perencanaan dan pemilihan hal-hal yang berkaitan dengan usaha tersebut sudah tepat dengan kebutuhan pasar.

  • Menentukan Lokasi Strategis

Hal ini juga bergantung dengan jenis kuliner apa yang akan geluti. Jika ingin membuka katering atau usaha kue kecil-kecilan maka dapat Anda mulai dari rumah sendiri. Anda dapat melakukan promosi dari mulut ke mulut dimulai dari tetangga, kerabat, maupun saudara. Keuntungan memulai bisnis dari rumah yaitu dapat menekan modal awal yang dibutuhkan. Namun jika Anda ingin berbisnis suatu kuliner tertentu yang tidak bisa dimulai dari rumah, maka disarankan memilih lokasi yang menjadi pusat perkantoran, industri, pasar, sekolah ataupun di pinggir jalan raya. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah akses menuju lokasi tersebut mudah dijangkau oleh konsumen.

  • Memilih Menu Andalan

Di sinilah pentingnya untuk dilakukan sebuah riset. Jika sudah menemukan lokasi yang tepat, lakukan riset di tempat tersebut terkait menu kuliner apa yang belum ada atau dibutuhkan konsumen. Anda dapat memilih jenis kuliner baru yang belum ada di sekitar lokasi atau melakukan suatu inovasi terhadap jenis kuliner yang sudah ada, sehingga dapat menarik perhatian konsumen untuk kemudian membelinya. Pemilihan menu ini juga harus dikaitkan dengan target atau sasaran utama usaha Anda. Jika targetnya para remaja, tentu harus menyediakan menu unik terkini yang sedang booming maupun sekadar camilan yang tepat untuk menemani mereka nongkrong atau hangout.

  • Menjalankan Usaha Secara Optimal

Setelah semua riset dan persiapan matang telah selesai, maka jalankan usaha secara optimal. Jangan mudah menyerah dan mudah merasa puas, namun selalu belajar untuk mengembangkan dan mengoptimalkan usaha. Sesuai dengan salah satu ciri orang sukses yaitu never stop learning. Jangan lupa untuk melalukan promosi secara berkelanjutan.

  • Menjaga Reputasi Usaha Anda

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga maupun meningkatkan reputasi dari usaha kuliner Anda adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah, sopan serta santun kepada konsumen. Selain itu, tempat untuk menjalankan usaha kuliner haruslah dijaga kebersihannya dan pastikan selalu higienis sehingga menambah kenyamanan pelanggan. Hal itu juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada Anda.

  • Upayakan Selalu Kreatif dan Inovatif

Seorang pengusaha harus selalu kreatif dan inovatif untuk menciptakan menu-menu kuliner baru dan kejutan bagi konsumen yang datang. Anda harus menemukan ciri khas dari usaha Anda yang menjadi keunggulan dan sebagai pembeda usaha Anda dengan pesaing. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan konsep tempat makan yang cozy agar konsumen merasa nyaman dan betah. Tambahkan beberapa fasilitas yang tidak ada pada tempat lain, misalnya fasilitas wifi.

  • Mengelola Keuangan dengan Tepat

Hal yang tak kalah penting saat menjalankan usaha baru adalah mengelola keuangan perusahaan. Jangan mudah menghamburkan penghasilan Anda, namun jika perlu harus menyisihkan pendapatan perusahaan untuk mengembangkan bisnis dan terus melakukan inovasi. Tetapkan harga dengan tepat untuk usaha Anda dan lakukan pencatatan yang baik setiap bulannya.

Selain tips memulai usaha kuliner, berikut akan disampaikan tips memilih bisnis waralaba atau franchise yang kian menjamur dan semakin populer di masyarakat. Usaha waralaba memang menggiurkan dan persiapannya tidak serumit apabila membuka usaha dari awal. Bahkan terdapat banyak anggapan bahwa bisnis ini tergolong menguntungkan dan cepat untuk balik modal. Salah satu keunggulannya yaitu usaha ini sudah memiliki brand yang dikenal masyarakat luas sehingga Anda tidak perlu takut akan susah mendapatkan konsumen. Namun, Anda harus tetap melakukan beberapa persiapan khusus yaitu sebagai berikut:

  • Pilihlah jenis franchise yang tepat dan sesuai minat

Pilihlah jenis usaha franchise sesuai dengan minat Anda atau bidang yang Anda geluti. Salah satu bidang yang mudah digeluti dan memiliki peluang yang tidak ada matinya adalah franchise usaha kuliner.

  • Sesuaikan dengan modal yang Anda miliki

Berbagai jenis franchise ditawarkan dengan biaya yang bermacam-macam. Pilihlah jenis franchise sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah fasilitas apa yang akan didapatkan dengan membayar sejumlah biaya tertentu.

  • Kenali tentang brand dan sistem pengelolaan mereka

Anda harus mengenali sistem pengelolaan dan cara kerja dari brand yang akan Anda pilih, sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda untuk menjalankannya.

  • Pilih lokasi yang tepat

Pilihlah lokasi yang tepat misalnya dekat dengan pusat keramaian atau tempat wisata sehingga mudah menarik konsumen.

Sedari tadi berbicara mengenai tips memulai usaha kuliner dan franchise, tentu semua itu tidak akan terwujud tanpa adanya modal untuk memulai usaha tersebut. Jika Anda membutuhkan modal, Anda dapat meminjam ke saudara atau keluarga terdekat. Jika belum menemukan titik temu, maka langkah selanjutnya dengan mengajukan pinjaman ke bank. Meminjam uang di bank biasanya harus disertai dengan adanya agunan dan prosesnya yang sedikit ribet. Jika Anda tidak memiliki jaminan atau malas pergi ke bank, kini ada solusi baru untuk mendapatkan pinjaman secara online melalui Tien24.

Anda bisa mendapatkan pinjaman dari berbagai sumber atau pemberi dana dengan mengunjungi situs tersebut atau mengakses halaman web Lonify Pinjamanuang cepat. Perlu diketahui bahwa Lonify bukan sebagai pemberi dana, namun sebagai pihak yang menyediakan berbagai informasi terkait penyedia dana secara online. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih dan menemukan pemberi dana yang sesuai atau cocok dengan keinginan Anda. Prosesnya yang cepat dan tidak ribet membuat Anda dapat segera menemukan pinjaman modal untuk memulai bisnis baru. Selamat mencoba!

Related Articles

Check Also

Close
Close