GadgetTeknologiUncategorized

Mana Yang Lebih Baik, WordPress Atau Blogspot?

WordPress dan Blogspot merupakan istilah yang tidak akan luput dari lisan saat akan membuat website. Hal ini membuat banyak orang bingung dan bertanya-tanya, mana yang lebih baik di antara keduanya? Untuk itu, kita akan membahas perbandingan di antara keduanya secara obyektif. Dari mulai keunggulan sampai kelemahannya. Mana yang lebih baik, WordPress atau Blogspot?

Akan tetapi sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus tahu bahwa WordPress terbagi menjadi dua jenis, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Untuk itu, di artikel kali ini kita tidak hanya membandingkan dua melainkan tiga, yaitu WordPress.com, WordPress.org dan Blogspot.

WordPress.com dan WordPress.org
Bisa dibilang keduanya merupakan saudara kembar, sebab memiliki nama yang sama dan berasal dari perusahaan yang sama. Akan tetapi, WordPress.org dan WordPress.com benar-benar berbeda. WordPress.org merupakan layanan self hosted, sementara WordPress.com, merupakan layanan hosted.

Mungkin di antara Anda ada yang masih bingung dengan istilah tersebut. Untuk itu, agar mudah dipahami, kita ambil contoh gampangnya. Jika WordPress diumpakan seperti tempat tinggal, maka WordPress.com merupakan rumah susun, alias satu gedung yang ditinggali oleh beberapa kepala keluarga. Tanah gedung rumah susun tentu bukan milik Anda. Sedangkan, WordPress.org merupakan rumah pribadi yang hanya dihuni oleh satu keluarga saja. Tanahnya pun sepenuhnya miliki Anda, bukan miliki orang lain.

 

Dari Segi Popularitas
WordPress, baik itu hosted dan self hosted, berada di peringkat pertama sebagai CMS terpopuler dengan angka presentase sebesar 39%. Sementara untuk Blogspot ada di peringkat 4 dengan angka presentasi 1%. Jadi lebih baik WordPress atau Blogspot? Untuk poin yang satu ini jelas, WordPress lebih unggul.

Dari Segi Kemudahan
Untuk WordPress.com dan Blogspot, tidak ada bedanya, alias setara. Keduanya memberikan kemudahan pada calon pengguna untuk mendaftarkan akunnya. Sementara untuk WordPress.org bisa dibilang lebih sulit. Sebab, Anda harus menyewa hosting dan domain, setelahnya Anda harus melakukan instalasi.

Dari Segi Biaya
Saat Anda membuat akun WordPress.com dan Blogspot, tidak ada biaya yang dibebankan. Anda hanya akan dibebankan biaya apabila ingin meningkatkan storage dengan cara membayar setiap bulannya. Selain itu, domain pun tidak diperlukan jika Anda tidak keberatan website yang Anda miliki memiliki alamat, seperti namaanda.blogspot.com atau namaanda.wordpress.com. Bila alamat website Anda ingin menjadi namaanda.com, maka diperlukan biaya setidaknya Rp 100.000 dalam satu tahun. Beda cerita dengan WordPress.org, Anda membutuhkan hosting dan domain pada saat awal membuatnya, yang tentu saja membutuhkan biaya.

Dari Segi Tampilan

Keduanya memiliki tampilan yang cukup menarik. Akan tetapi WordPress.com dan WordPress.org terbilang lebih mudah untuk dikelola dan juga tampilan dasbornya lebih ramah. Untuk Blogspot, lebih membingungkan terutama saat Anda ingin mencari suatu menu di dasbornya.

Saat tampilan pertama, sebelum Anda merubah tampilan apapun di dalamnya, tampilan WordPress.com dan WordPress.org lebih unggul dibandingkan Blogspot. Sebab, tampilan Blogspot terkesan sudah ketinggalan zaman.
Dari Segi Fitur

Saat kita melihat dari fitur dasar sebagai CMS, tidak ada perbedaan di antara ketiganya. Ketiganya dapat membuat post dan page, menguploas video, gambar dan multimedia lainnya. Akan tetapi, Blogspot di sini memiliki kelemahan, yaitu ukuran satu halaman jangan lebih dari 1 MB. Hal ini membuat pengguna Blogspot tidak bisa membuat satu halaman dengan banyak gambar.

Kenyataan tersebut membuat WordPress.org lebih unggul di antara ketiganya. Anda dapat menambahkan beberapa fitur ekstra dengan bantuan plugin. Saat ini terdapat ratusan ribu plugin yang bisa Anda apatkan secara gratis. Terlebih sifatnya open source, sehingga kita bisa memodifikasi semua fiturnya.
Dari Segi Monetasi Iklan

Banyak orang yang membuat blog untuk mendapatkan uang, misalnya dengan menggunakan iklan Adsense dari Google. Maka, Anda harus tahu bahwa WordPress.com tidak boleh memasang Google Adsense atau advertising network lainnya. Hal ini membuat Anda yang memiliki akun WordPress.com tidak akan mendapatkan penghasilan dari iklan. Akan tetapi, Anda masih bisa mendapatkan uang dari jalan lain, berjualan produk misalnya.

Kabar baiknya, Anda masih diizinkan untuk menyediakan slot iklan secara manual. Pengguna pun diperbolehkan menggunakan sponsored post. Bahkan saat website Anda sudah cukup populer, Anda dapat memasang WordAds. Namun bila Anda menggunakan WordPress VIP, maka iklan diperbolehkan.

Untuk WordPress.org, tentu tidak ada masalah untuk Anda memasang iklan dari advertising network. Sementara untuk pengguna Blooger, memasang iklan tentu tidak masalah karena Blogspot sendiri merupakan milik Google. Dalam hal ini WordPress atau Blogspot yang lebih unggul?

Dari Segi Kontrol Kepemilikan
Dikarenakan bersifat hosted, WordPress.com dan Blogspot memiliki permasalahan yang cukup besar. Websitenya tentu bukan 100% miliki Anda. Selain itu, terdapat berbagai keterbatasan di dalamnya, termasuk yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Ada satu hal yang harus Anda tahu, website Anda bisa saja dihapus sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Meski hal ini biasanya terjadi karena ada alasannya, tetap saja WordPress.com dan Blogspot memiliki hak untuk menghapus website Anda. Jika hal tersebut terjadi, maka website Anda akan lenyap dan tidak bisa dikembalikan lagi. Semua konten-konten yang telah Anda buat tidak akan bisa diambil kembali.

Hal ini tentu saja berbeda jika website yang Anda miliki menggunakan WordPress.org. sepenuhnya website tersebut milik Anda, sehingga WordPress tidak akan semena-mena menghapus begitu saja website Anda. Terlebih saat website Anda cukup populer.

Mitos Seputar WordPress dan Blogspot
Seringkali hal-hal yang dipertimbangkan orang-orang saat memilih antara WordPress atau Blogspot berasal dari mitos-mitos yang beredar tentang keduanya. Agar tidak terjadi kesalahpahaman, Anda harus tahu beberapa

pernyataan yang ternyata tidak benar di bawah ini:
WordPress.org Dipertuntukkan Bagi Mereka yang Sudah Berpengalaman
Dalam membuat sebuah WordPress.org memang dibutuhkan sedikit upaya dalam proses instalasinya. Akan tetapi proses yang harus dilalui sama sekali tidak sulit. Bahkan saat Anda bertanya pada orang yang sudah menggunakan kedua platform ini, maka mereka akan bilang WordPress lebih mudah digunakan dibanding Blogspot.
Blogspot Lebih Aman Dibanding WordPress
Software WordPress selalu dilakukan update secara berkala supaya celah keamanannya tertutup rapat, sehingga bisa dibilang keduanya setara. Asalkan Anda tidak coba-coba menginstal plugin atau template bajakan yang mungkin saja menyebarkan virus pada WordPress Anda, maka semuanya akan aman-aman saja.
WordPress Sering Down dan Tidak Dapat Diakses
Biasanya hal ini disebabkan oleh pemilihan hosting yang tidak jelas. Apabila Anda membeli hosting yang sudah sering digunakan oleh orang banyak, maka tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
WordPress.org Seringkali Rusak/Error
Hal ini biasanya terjadi saat Anda iseng mengotak-ngatik kode di dalamnya. Jika Anda tidak melakukannya, maka semuanya akan baik-baik saja. Intinya, saat WordPress atau Blogspot diotak-atik kode di dalamnya, akan sama-sama error.

Hanya yang Menggunakan WordPress.org yang Dapat Sukses
Hal ini tentu tidak benar. Mungkin secara tampilan, fitur, dan fleksibilitas, WordPress.org memang lebih unggul. Yang terpenting adalah bagaimana kita menyajikan konten di dalam website. Blogspot dan WordPress.com pun bisa sukses, meski dengan fitur terbatas.

Itulah sejumlah perbandingan obyektif antara WordPress.org, WordPress.com dan Blogspot. Mana yang lebih cocok untuk Anda? WordPress atau Blogspot? Jawaban tiap orang tentu akan berbeda-beda. Akan tetapi dari perbandingan di atas, sudah jelas bahwa WordPress.org lebih unggul.

Untuk Anda yang tertarik membuat website dengan WordPress.org, maka Anda bisa membeli domain dan hosting di  www.idwebhost.com. Di sana, Anda akan mendapatkan domain dan hosting dengan harga yang sangat bersaing. Terdapat juga sejumlah keuntungan yang bakal Anda dapatkan karena tiap paket yang disediakan oleh idwebhost.com sangat menguntungkan. Untuk lebih jelasnya, klik di sini..

Related Articles

Close