Berita Politik Terbaru

Berbagai Berita Politik Terbaru Hari Ini

Berita politik terbaru perihal 146 Kabupaten atau Kota raih penghargaan adipura. Dilansir dari https://nasional.sindonews.com bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyerahkan penghargaan Adipura 2018 kepada 146 kabupaten atau kota di Indonesia. Selamat kepada para penerima penghargaan Adipura serta sertifikat. Ini rekor guna memberikan penghargaan begitu banyak, lebih dari 100, ungkap Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya usai penyerahan penghargaan di Manggala Wanabakti, Jakarta pada tanggal 14/1/2019. JK menyampaikan pemerintah pusat dan daerah wajib bersinergi untuk mendorong masyarakat menjaga lingkungannya. Berita semacam ini bisa kita dapatkan dengan mengunjungi laman matamatapolitik.com.

Isu lingkungan wajib menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun daerah. Oleh sebab itu, mendorong masyarakat menjaga lingkungan adalah upaya kita dan lebih ringan apabila ada kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah. Penghargaan ini juga bisa menjadi stimulan bagi masyarakat supaya menjaga lingkungannya. Lingkungan baik bisa menjadi masyarakat maju, tuturnya. JK menyarankan KLHK untuk kembali membuat penghargaan untuk kota-kota di Indonesia yang paling kotor. Dia menyatakan, dengan adanya pelabelan kota terkotor itu, bisa membuat pemerintah kota maupun kabupaten terpacu untuk selalu bersih. Penghargaan itu pernah kita lakukan pada tahun 1990-an, tahun 2008 atau 2009 mengumumkan yang kotor.

Ini juga sebagai stimulan dan ternyata setelah diumumkan bahwa pemda kerja keras dan mendapat penghargaan kemudian. Jadi karena itulah nanti akan diumumkan kota paling tak memenuhi syaratlah kehidupan di situ, supaya wali kotanya rakyatnya terpacu, tutur JK. Namun, JK mengatakan, kebersihan menjadi tanggung jawab setiap warga. Ada baiknya pula jika ke depan, dapat diterapkan sanksi maupun denda bagi warga yang tak menjaga kebersihan, seperti di Amerika Serikat dan Singapura. Bikin perda, bahwa semua selokan di depan rumah, yang tanggung jawab yang punya rumah, seperti di Singapura.

Seperti di Amerika Serikat, di Amerika Serikat kalau orang jatuh karena salju di depan rumahnya tidak dibersihkan maka bisa yang punya rumah di tuntut. Kalau ada jentik di depan rumah di Singapura, itu didenda pemerintah. Ini mendorong orang semua hidup secara bersama untuk kebersihan,” tutur JK. Pada pelaksanaan Program Adipura periode Tahun 2017-2018 ini telah dilaksanakan penilaian terhadap 369 kabupaten/kota se-Indonesia, atau sebanyak 72% dari 514 kabupaten/kota di Indonesia. berita politik terbaru seperti ini tentunya bisa kita akses dengan mengunjungi laman matamatapolitik.com.

Sumber: https://nasional.sindonews.com/read/1370410/15/sebanyak-146-kabupatenkota-raih-penghargaan-adipura-1547469193