bisnis

Ini Dia 7 Jenis Alat Pancing Yang Wajib Kamu Punya!

7 Jenis Alat Pancing Yang Wajib Kamu Punya!

Menurut sebagian orang di zaman serba modern saat ini, hobi memancing adalah suatu hobi yang membosankan. Tetapi hal ini tidak berlaku untuk beberapa orang, karena orang beranggapan ketika kita memancing kita akan melatih konsentrasi dan melatih kesabaran. Selain itu memancing juga dapat menghilangkan stres karena aktivitas memancing ini membutuhkan lingkungan yang hening dan tenang.

Jika dulu alat untuk memancing sangat sederhana dan sulit didapatkan. Namun saat ini, alat pancing pun sudah banyak dijual oleh toko – toko yang menyediakan pernak pernik hobi. Dan untuk kamu yang baru memulai hobi memancing, kali ini kamu akan menyajikan jenis – jenis alat pancing yang wajib kamu punya. Berikut ini ulasannya.

 Joran Pancing

 

Untuk kamu yang masih pemula dan awam terhadap kegiatan memancing kamu pasti bingung apa itu joran? Joran pancing adalah sebuah alat yang paling mendasar untuk pemula, karena joran ini dipakai sebagai pegangan. Kamu bisa memilih joran pancing yang terbuat dari bahan fiberglass, grafit, karbon dan boron serta pilih lah jorang pancing yang memiliki panjang antara 120 sampai 180 cm. Alat pancing ini juga cukup memadai untuk kegiatan memancing yang sederhana.

Penggulung Tali

Selanjutnya alat pancing yang wajib kamu punya adalah penggulung tali. Sebaiknya pilihlah penggulung tali yang memiliki panjangnya hingga 200-400 meter. Bagi seorang pemula dalam memancing, penggulung tali juga dapat menahan sebuah beban sekitar 2 sampai 8 kg.

Kenur / Tali Pancing

Biasanya kenur atau tali pancing yang umum digunakan adalah kenur yang memiliki ukuran 8 sampai 20 Ibs (3,6-4,5 kilogram) dengan bahan yang terbuat dari nilon. Kenur yang memiliki jenis ini mampu meregang sampai 30 persen. Cara merawatnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyimpannya di tempat kering yang memiliki suhu ruangan stabil. Karena jika menyimpan di tempat yang terdapat sinar matahari maka ini dapat menggerogoti kekuatan kenur.

Timah

Timah termasuk alat pancing yang diperlukan, karena timah atau pemberat memiliki fungsi untuk membuat umpan tenggelam di dalam air. Pilihlah timah atau pemberat yang berbentuk lonjong seperti peluru, karena tima yang memiliki bentuk bulat dapat membuat tali pancing melintir.

Pelampung

Mendengar kata pelampung kamu pasti berpikir, pelampung yang biasa digunakan untuk berenang. Eits… jangan salah, pelampung yang dimaksud adalah sebuah alat pancing yang berfungsi untuk menjaga agar tidak seluruh bagian tali pancing atau kenur masuk ke dalam air. Selain itu pelampung juga bisa menjadi sebuah indikator apakah umpan sudah dimakan ikan atau belum. Pelampung yang biasa digunakan sebagai alat pancing ini terbuat dari busa, fiberglass, gabus atau plastik.

Mata Kail

Mata kail yang sederhana adalah mata kail yang memiliki bentuk melengkung dengan ujung yang tajam dan sebagai tempat untuk meletakan umpan ikan. Namun kail bukan hanya satu untuk dipasang. Terdapat 2 atau 4 kail yang dipasang dalam bergandengan di bawah sebuah umpan yang berbentuk ikan.

Umpan

Nah untuk terakhir yang kamu perlukan adalah umpan. Mungkin dulu umpan yang diperlukan hanya cacing saja, namun sebenarnya umpan yang bisa kamu gunakan berbagai macam, mulai dari jenis serangga seperti jangkrik atau belalang, ikan kecil bahkan sampai udang.

Itulah beberapa alat pancing di atas yang sudah direkomendasikan untuk yang baru mulai memancing. Bagaimana? Apa sekarang kamu sudah tahu? Seperti yang disebutkan tadi saat ini alat pancing juga bukan hanya di jual di toko khusus memancing, namun kamu juga bisa membelinya secara online melalui -commerce yang sudah terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shopee.

 

 

Related Articles

Close