web log free Keunggulan Intel Pentium Gold G5600 dan G5400 - Idola Teknologi
Uncategorized

Keunggulan Intel Pentium Gold G5600 dan G5400

Membangun PC yang memiliki kemampuan sangat tinggi dengan harga di bawah 5 juta adalah suatu tantangan, terutama ketika harga memori dan prosesor melambung tinggi. Untungnya, pasar CPU yang kompetitif berarti sangat mungkin mendapatkan banyak kekuatan pemrosesan tanpa merogoh dompet lebih dalam. Model Ryzen yang cepat dan terjangkau dari AMD memaksa Intel untuk meningkatkan chip Pentium dual-core dengan Teknologi Hyper-Threading dan cache L3 yang lebih besar. Akibatnya, Intel Pentium Gold hari ini sangat mirip dengan Core i3s kemarin. Itu membuat mereka menang besar bagi pembangunan yang berorientasi pada anggaran, terutama ketika mereka dipasangkan dengan chipset Intel H370, H310, dan B360 .

Kemenangan Intel ini tidak terjamin. AMD memiliki pesaing yang menakutkan dalam Ryzen 3 2200G berbasis Raven Ridge yang dapat di-overclock, yang dijual seharga 1,4 juta dan kemampuan empat intinya ditambah mesin grafis terintegrasi Radeon Vega yang mengesankan. Ini cukup cepat untuk gaming beresolusi rendah, berpotensi menghemat banyak uang pada sektor GPU. Solusi UHD Graphics 630 yang terintegrasi dengan Intel Pentium Gold G5600 bahkan tidak dapat mendekati AMD Radeon Vega, dan bahkan UHD Graphics 610 G5400 lebih lambat. Jadi, kami mencocokkan processor host dengan kartu grafis tambahan untuk perbandingan yang lebih langsung di rangkaian benchmark kami. Pada akhirnya, kami menemukan bahwa Ryzen 3 2200G menceritakan kisah nilai yang lebih baik daripada Pentium Gold G5600, sementara Pentium Gold G5400 tidak tertandingi pada titik harga 900 ribuan.

Pentium Gold G5600 dan G5400

Tahun lalu, Intel mengumumkan akan mengubah nama keluarga Pentium. Dia adalah Intel Pentium Gold yang terdiri dari model soket dengan kinerja lebih tinggi berdasarkan arsitektur Kaby Lake (dan sekarang Coffee Lake). Sementara CPU Pentium Silver dioptimalkan daya dan terpasang BGA, memanfaatkan desain Intel Goldmont Plus. Intel juga menambahkan Teknologi Hyper-Threading ke Pentiums berbasiskan Kaby Lake dalam upaya untuk mencegah serangan Ryzen yang akan datang. Praktek itu berlanjut dengan model-model berbasis Coffee Lake saat ini, yang memungkinkan CPU dual-core Pentium Gold G5600 dan G5400 beroperasi pada empat utas secara bersamaan.

Tentu saja, Coffee Lake diproduksi menggunakan proses 14nm ++ yang dioptimalkan. Itu, ditambah daya desain termal 3W-lebih tinggi, bertanggung jawab penuh pada kecepatan 200 MHz yang tersedia di seluruh keluarga Intel Pentium Gold. Intel juga meningkatkan kapasitas cache L3 hingga 4MB, peningkatan 33% dibandingkan dengan Pentium berbasis Kaby Lake. Pengontrol memori DDR4 dual-channel masih terbatas pada 2400 MT / s, sehingga skor bandwidth puncak tidak berubah. Dan sementara AMD Ryzen 3 2200G hanya memberi Anda delapan lajur PCIe 3.0 untuk peningkatan grafis diskrit, kedua chip Pentium menawarkan tautan 16 lajur penuh. 

CPU Pentium Gold tidak mendapatkan semua racikan spesial Intel. Mirip dengan model Core i3, Pentium sama sekali tidak memiliki fungsionalitas Turbo Boost. Di bawah tekanan dan beban berlebih, Anda akan mendapatkan satu frekuensi statis, terlepas dari berapa banyak inti yang aktif. Intel juga mengunci pengganda rasionya, mencegah overclocker pada chip ini bekerja ekstra. Prosesor Pentium juga tidak mendukung instruksi AVX / AVX2 yang mempercepat beban kerja produktivitas tertentu. Hasilnya, Ryzen 3 2200G yang mendukung AVX AMD menikmati keuntungan kinerja di beberapa aplikasi yang dioptimalkan. Akhirnya, memori Optane ini bukanlah opsi di PC berbasis Pentium. 

Untungnya, Anda harus memiliki sedikit ruang tersisa dalam anggaran Anda untuk peningkatan. Model G5400 dijual seharga hanya 900 ribuan, menempatkannya dengan baik di bawah opsi Ryzen AMD dengan level low-end. Kami tidak berharap untuk menghadapi persaingan nyata pada titik harga itu. Sementara itu, Intel Pentium Gold G5600 harus tersedia dengan harga 1,2 jutaan. Tapi seperti yang kita lihat dengan Intel G4620 generasi sebelumnya, harganya jauh lebih tinggi. Saat ini Anda akan menemukannya sekitar 1,3 jutaan, menempatkannya dekat dengan AMD Ryzen 3 2200G. Konsekuensinya, Pentium bergulat dengan pesaing yang dapat di-overclock dengan empat core fisik dan grafis terintegrasi Radeon Vega yang mengesankan. Dan untuk mendapatkannya dengan mudah Anda cukup mengambil ponsel cerdas Anda dan belilah di aplikasi Blibli. Dapatkan harga terbaik dan berbagai promo menarik.

Related Articles

Close