5 Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Ponsel Teknologi

5 Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat mengalami kemajuan yang pesat. Bahkan, pola hidup manusia sekarang ini begitu dipengaruhi oleh teknologi dan tanpa dirasa telah mengubah kebiasaan mereka yang dulu. Coba saja lihat di sekitar Anda, macam macam teknologi informasi dan komunikasi ini ternyata telah mengitari kita. Mulai dari televisi, radio, smartphone dan telepon, adalah sebagian kecil perkembangan dari teknologi ini.

Jika menyederhanakan pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi ini adalah untuk memudahkan manusia untuk mendapatkan informasi melalui komunikasi dengan cepat, di manapun dan kapanpun. 

Ada macam macam teknologi informasi dan komunikasi yang telah dapat dirasakan oleh manusia saat ini, yaitu:

  1. Komputer

Awalnya komputer memiliki fungsi untuk penghitungan secara akurat dari fungsi-fungsi matematika. Namun seiring perkembangan zaman, fungsi komputer memiliki perkembangan yang sangat signifikan. Bukan lagi untuk melakukan perhitungan ke tingkat yang lebih tinggi, namun mampu menyimpan informasi, komunikasi dan pengawasan.

Hasil gambar untuk 5 Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

  1. Laptop

Laptop digunakan oleh mereka yang memiliki mobilitas yang tinggi dan selalu melakukan pergerakan, namun membutuhkan sebuah komputer untuk melengkapi pekerjaannya. Hanya saja, teknologi ini memiliki daya tertentu dalam pengoperasiannya. Agar dapat digunakan secara terus menerus, maka laptop harus dihubungkan dengan aliran listrik atau melakukan charger baterai laptop.

  1. Radio

Penggunaan radio membutuhkan suatu gelombang radio yang telah ditransmisikan melalui ruang angkasa dengan gelombang elektromagnetik seperti amplitudo, frekuensi, fase dan lain sebagainya, untuk menyampaikan informasi. Dalam sistem komunikasinya, radio membutuhkan pemancar dan penerima antena, serta komponen-komponen yang dibutuhkan lainnya.

  1. Televisi

Teknologi informasi yang populer adalah televisi. Sekarang ini, hampir setiap rumah pastilah memiliki minimal satu televisi. Teknologi ini memberikan informasi berupa gambar bergerak dalam warna hitam putih, berwarna, bentuk dua dimensi atau tiga dimensi dan juga suara. 

  1. Telepon Pintar

Teknologi ini menggabungkan beberapa fungsi dari telepon, PDA, kamera, perekam suara dan komputer. Untuk dapat memiliki fungsi yang maksimal, telepon pintar atau ponsel, membutuhkan aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia untuk segala aktivitasnya.

Perkembangan macam macam teknologi informasi dan komunikasi ini diharapkan akan selalu membantu dan memberikan kemudahan bagi manusia untuk mendapatkan info seluas-nya tanpa terkendala oleh waktu dan wilayah yang dimiliki. Semakin tahun pun, perkembangan teknologi memberikan kecepatan yang luar biasa untuk menyebarkan informasi secara luas ke belahan bumi manapun yang bisa dijangkau. Semoga bermanfaat.