keamanan ponsel pintar
Ponsel Teknologi

Tips Untuk Keamanan Ponsel Pintar

Sangat penting bahwa ponsel cerdas Anda aman karena berbagai alasan. Anda dapat menyimpan data di dalamnya dan jika ponsel Anda hilang atau dicuri, ini akan hilang. Atau mungkin informasi pribadi Anda mungkin diretas dari halaman internet yang telah Anda kunjungi atau dari smartphone itu sendiri. Kami telah mengumpulkan beberapa tips untuk membantu menjaga keamanan ponsel pintar Anda sebaik mungkin.

Gunakan kunci layar

Banyak ponsel baru menawarkan “kunci pola”. Yaitu sebuah keamanan dengan membentuk pola yang dipersonalisasi yang digambar di layar untuk memberikan akses. Namun, pastikan layar dibersihkan secara teratur. Jika ponsel Anda dicuri atau hilang, jejak jari Anda terkadang dapat dilihat dengan mata telanjang. Atau, bisa juga menggunakan kode PIN sebagai alternatif dan juga dapat menghemat waktu. Buatlah kata sandi yang sulit dipecahkan tetapi mudah untuk Anda ingat. 

Anda dapat menggunakan pelacakan jarak jauh jika Anda kehilangan ponsel. Di Android disebut ‘Find my Device’ dan di Apple iPhone disebut ‘Find my iPhone’. Dari sini, Anda dapat menonaktifkan ponsel dari jarak jauh jika diperlukan dengan keamanan ponsel pintar Anda. 

Hasil gambar untuk Tips Untuk Keamanan Ponsel Pintar

Gunakan kunci kartu SIM

Kunci layar sangat membantu tetapi tidak akan menghentikan seseorang mengeluarkan kartu SIM dari ponsel Anda dan menggunakannya di ponsel lain. Untuk mencegah hal ini terjadi, atur kunci kartu SIM dalam bentuk nomor PIN yang perlu dimasukkan ketika telepon dihidupkan untuk menghubungkan ke jaringan.

Melindungi data sensitif

Meskipun entri PIN dan kunci kata sandi sangat membantu, smartphone secara efektif adalah komputer mini dengan penyimpanan yang mudah dilepas. Sangatlah mudah kalau hanya untuk mengambil data yaitu hanya dengan menancapkannya ke komputer atau mengeluarkan kartu microSD.

Sangat penting untuk melindungi data sensitif yang disimpan ke penyimpanan internal. Tersedia perangkat lunak yang dapat mengenkripsi file atau folder sehingga kode harus dimasukkan sebelum file dapat dilihat atau disalin. Banyak dari perangkat lunak ini yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis dan dapat bekerja secara efektif dengan telepon Anda untuk memberikan perlindungan otomatis, jadi ada sedikit kerumitan yang terlibat begitu perangkat ini aktif dan berjalan. Contoh dari perangkat lunak tersebut adalah AutoKrypt  tetapi lakukan ‘berbelanja’ untuk menemukan solusi yang tepat untuk pengaturan Anda.

Selalu cadangkan data Anda pada penyimpanan secara Online sebagai bentuk perlindungan keamanan ponsel pintar Anda. Untuk Anda yang menggunakan produk iPhone, Anda harus membuat cadangan data Anda di iCloud. Anda juga dapat menyimpan data di Dropbox atau OneDrive.

Perlindungan nirkabel (Wi Fi)

Perangkat apa pun yang dapat mengirim data melalui gelombang udara adalah incaran masalah keamanan. Selalu matikan koneksi nirkabel Anda ketika sedang tidak digunakan. Ini untuk memastikan bahwa orang tidak dapat terhubung ke perangkat Anda tanpa sepengetahuan Anda. Anda juga perlu memeriksa pengaturan keamanan jaringan ponsel Anda karena mungkin dikonfigurasikan untuk secara otomatis terhubung ke jaringan ketika dalam jangkauan tanpa Anda sadari. 

Dan jangan lupa untuk memastikan router nirkabel yang diakses di rumah Anda dilindungi oleh kode sandi. Jika menggunakan nirkabel publik atau hotspot, berhati-hatilah terhadap koneksi jahat yang sangat mirip hotspot yang sah dari perusahaan besar.

Menjelajah internet

Hati-hati saat mengakses browser web di ponsel cerdas Anda karena dapat dengan mudah menerima pesan yang muncul. Misalnya setuju untuk menyimpan detail pengguna dan kata sandi mungkin membuatnya mudah diingat untuk nanti. Tetapi sayangnya orang lain dapat juga melakukan hal yang sama jika mereka mendapatkan akses ke telepon Anda.

Jika ada peringatan keamanan ponsel pintar yang muncul saat melihat situs web, catat dan tinggalkan situs web tersebut jika perlu. Dan juga pastikan semua situs perbankan atau belanja tempat Anda memasukkan informasi yang aman memiliki kunci di bilah alamat untuk memastikan bahwa situs itu sudah memiliki enkripsi.