bisnis

Lakukan 6 Hal Ini Agar Lolos Interview Kerja

Interview merupakan salah satu proses seleksi yang biasanya diikuti setelah seleksi CV, tes psikotes hingga tes kemampuan bidang. Dengan demikian tes interview dapat dikatakan sebagai perjuangan terakhir yang perlu Anda usahakan semaksimal mungkin agar lolos dan segera bekerja.

Baca juga: Website Lowongan Kerja Untuk Disabilitas

Oleh karena itu, sebelum tes interview dimulai, pastikan Anda mempersiapkan 6 hal ini beberapa hari sebelumnya:

  1. Berpakaian Rapi, Berdandan Semenarik Mungkin dan Gunakan Parfum

Hal pertama yang harus Anda siapkan saat akan mengikuti tes interview adalah mempersiapkan pakaian yang akan Anda gunakan. 

Ingatlah bahwa interview adalah sesi dimana HRD hanya akan fokus kepada Anda sehingga dapat menilai apakah Anda layak menjadi bagian dari perusahaannya atau tidak. 

Oleh karena itu pastikan pula Anda berdandan semenarik mungkin dan jangan lupa gunakan minyak wangi agar Anda lebih percaya diri menjawab semua pertanyaan dari interviewer. 

 

  1. Pelajari tentang Perusahaan dan Posisi yang Anda Lamar

Point penting lainnya yang tidak boleh Anda lupakan sebelum menghadapi tes interview adalah mempelajari mengenai perusahaan serta job desk dari posisi yang Anda lamar. 

Kesiapan Anda untuk bergabung dengan perusahaan yang Anda lamar akan terbaca dari setiap jawaban mengenai pengetahuan perusahaan dan job desk dari posisi yang Anda minati. 

Siapkan pula mengenai plan yang akan Anda berikan pada perusahaan, mengingat pertanyaan tersebut juga banyak muncul pada seleksi interview. 

Hal tersebut akan menjadi gambaran apakah Anda akan loyal dengan perusahaan atau tidak dalam kondisi apapun. 

 

  1. Usahakan Tidak Panik dan Selalu Ada Kontak Mata

Memang tidak mudah menghilangkan gugup saat interview. Tapi sebisa mungkin kontrol ketegangan Anda dengan membangun mindset bahwa Anda memang sedang interview pekerjaan untuk masa depan Anda, tetapi Anda juga sedang berikhtiar yang mana hasil baik atau buruknya itu pasti yang terbaik dari Tuhan. 

Menghargai usaha diri sendiri dan belajar dari kekurangan akan membuat Anda lebih legowo dan berkurang rasa panik saat interview. 

Selain itu, usahakan untuk tetap melakukan kontak mata karena hal tersebut akan menunjukkan kepercayaan diri Anda, juga sebagai tanda bahwa Anda menghormati interviewer. 

 

  1. Perhatikan Body Language Anda

Body language juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan saat akan mengikuti tes interview kerja. Selain itu, hindari terlalu banyak gerakan tangan yang terkesan hyperactive. Hal tersebut justru akan meninggalkan kesan bahwa Anda sedang menutupi kegugupan Anda. 

Jadi bersikap sewajarnya saja. Contohnya memberi anggukan kecil saat Anda memahami atau setuju pada informasi yang didapat dari interviewer.

Jangan lupa pula untuk menjabat tangan interviewer sebelum dan setelah interview, dengan senyuman yang memberi kesan positif tetapi tidak berlebihan. 

  1. Bersikap Ramah dan Jujur 

Pada interview pekerjaan biasanya Anda akan dihadapkan pada pertanyaan mengenai kelebihan dan kekurangan Anda, serta alasan mengapa Anda dianggap layak diterima pada perusahaan tersebut.

Jika demikian, jawablah dengan jujur tanpa melebih-lebihkan dan menutupi kekurangan Anda. Tetapi, yakinkan pula bahwa d ibalik kekurangan tersebut Anda akan belajar untuk bisa improve lebih baik. 

Jika kekurangan tersebut justru menjadi cela bagi interviewer untuk menguji mental Anda, tetaplah menjawab dengan jujur dan ramah. Akui kekurangan tersebut tanpa perlu Anda tutupi. 

  1. Tinggalkan Kesan Positif Usai Wawancara

Dalam wawancara tidak hanya penting pada saat first impression, Anda juga perlu meninggalkan kesan positif usai wawancara dengan menerapkan ke empat point di atas. Biasanya, pada akhir wawancara akan ada pertanyaan yang lebih jauh, seperti alasan Anda resign dari pekerjaan Anda sebelumnya. 

Pada pertanyaan seperti ini pastikan Anda tidak menjelekkan perusahaan sebelumnya, atasan Anda ataupun rekan kerja Anda. Berikan kesan bahwa Anda resign adalah untuk mengembangkan lebih jauh lagi tingkat kreatifitas Anda, atau alasan lain yang tidak terkesan menjatuhkan pihak manapun. 

Setelah semua pertanyaan cukup diajukan dan interviewer menganggap sesi tersebut sudah bisa diakhiri, jangan lupa menjabat tangan interviewer serta memberi ucapan terimakasih. 

Demikian tips interview saat melamar pekerjaan yang dapat Anda terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!. 

Referensi:

PT. Swakarya Insan Mandiri, perusahaan outsourcing di Jakarta yang melayani outsourcing karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *