menu sarapan pagi sehat

4 Nutrisi yang Harus Ada di Menu Sarapan Pagi Sehat

Sarapan merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting untuk memastikan Anda memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Karena menjadi momen yang penting, maka Anda wajib memperhatikan menu sarapan pagi sehat. Setiap menu yang Anda siapkan wajib mengandung 4 jenis nutrisi penting. Apa saja? Simak melalui artikel ini!

4 Nutrisi yang Harus Ada di Menu Sarapan Pagi Sehat

Berikut ini adalah deretan nutrisi penting yang harus ada di menu sarapan Anda:

1. Protein

Protein merupakan salah satu makronutrien terpenting sehingga harus ada di menu sarapan sehat Anda. Nutrisi satu ini menawarkan fungsi yang mirip dengan karbohidrat. Adapun fungsinya yaitu memberikan energi bagi tubuh. Bahkan protein dikenal mampu mengenyangkan lebih lama sehingga membuat Anda tidak perlu sering-sering makan. Protein hadir dalam dua jenis yaitu nabati dan juga hewani.

2. Karbohidrat

Meskipun sudah ada protein, namun Anda tetap membutuhkan asupan karbohidrat saat sarapan. Untuk mendukung aktivitas sehari-hari, tubuh membutuhkan 25-40% karbohidrat. Ada banyak sumber karbohidrat yang bisa Anda temukan seperti gandum, kentang, nasi, singkong, dan lain sebagainya.

3. Vitamin

Vitamin termasuk jenis mikronutrien yang terdiri dari banyak jenis. Setiap jenis vitamin menawarkan manfaatnya masing-masing. Namun vitamin umumnya berperan sebagai antioksidan sehingga sel tubuh lebih tahan oleh paparan radikal bebas berbahaya. Adapun jenis vitamin yang harus ada di menu sarapan yaitu vitamin A, C, dan juga E.

4. Mineral

Jenis nutrisi terakhir yang perlu ada di menu sarapan yaitu mineral berupa asam folat, zat besi, dan juga kalsium. Mineral-mineral tersebut tidak bisa diproduksi oleh tubuh sehingga membutuhkan asupan dari luar. Contoh sumber mineral yang lezat dan mengandung banyak nutrisi yaitu susu, telur, dan juga sayuran hijau.

Itulah 4 nutrisi penting yang harus ada di menu sarapan pagi sehat. Keempat nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan di segelas susu yang lezat. Greenfields merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin membiasakan minum susu saat sarapan. Ada beberapa pilihan seperti fresh milk atau susu segar, UHT, skimmed, low fat, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *