Mengenal Profil Tapak Ban Mobil Terbaik dari Dunlop

Ban mobil yang Anda pakai setiap hari memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Salah satu spesifikasi penting dari sebuah ban adalah tapak atau telapaknya. Tapak atau telapak ban merupakan bagian luar ban yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Profil tapak ban ini berpengaruh pada kinerja dan keselamatan kendaraan. Sebelum membeli ban mobil terbaik dari Dunlop, ada baiknya Anda mengenal fungsi dan jenis tapak ban mobil. 

Fungsi Tapak Ban Mobil dari Dunlop

Berikut ini merupakan fungsi tapak ban yang beragam:

1. Memberi Gaya Gesek Lebih

Gaya gesek merupakan salah satu faktor kunci pada kinerja ban karena mempengaruhi traksi atau kemampuan ban dalam mempertahankan cengkeramannya. Traksi yang baik digunakan untuk pengereman, akselerasi, serta maneuver yang aman. Desain tapak ban yang bagus harus mampu memaksimalkan gaya gesek di berbagai kondisi cuaca dan jalanan.

2. Mengalirkan Air

Air bisa terperangkap di antara ban dan permukaan jalan. Hal tersebut jika dibiarkan akan mengurangi traksi dan membuat tergelincir. Oleh sebab itu, tapak ban harus memiliki desain yang mampu mengalirkan atau membuang air dengan baik. Ban yang mampu mengalirkan air dengan baik pola tapaknya dalam dan lebar. 

3. Stabilisasi

Stabilisasi ini berperan untuk menjaga keseimbangan dan kontrol kendaraan, termasuk ketika berada pada kecepatan tinggi dan jalanan menikung. Desain tapak ban harus mampu meningkatkan stabilitas kendaraan di berbagai kondisi jalanan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Biasanya, desain yang bagus yaitu lebih lebar dan blok tapaknya lebih besar.

4. Mencegah Aquaplaning

Aquaplaning atau hydroplaning merupakan kondisi saat lapisan air di permukaan jalan mengganggu kontak antara ban dan jalan. Saat terjadi aquaplaning, traksi tidak cukup untuk menjaga kontrol sehingga mudah tergelincir atau hilang kendali. Telapak ban yang mampu mencegah aquaplaning memiliki desain mirip dengan pengaliran air.

5. Reduksi Kebisingan

Siapa sangka profil tapak ban ternyata juga berpengaruh pada kebisingan kendaraan. Pola tapak ban yang mampu mereduksi kebisingan yaitu tidak simetris atau alurnya acak. Tujuannya untuk memecah gelombang suara yang dihasilkan dari gesekan ban dan jalan. Sehingga, ban pun menjadi tidak bising lagi.

Jenis-Jenis Tapak Ban Mobil

Brand Dunlop menawarkan beberapa jenis tapak ban mobil seperti:

1. Uni-Directional

Tapak ban uni-directional atau satu arah yaitu tapak ban yang dirancang berputar satu arah saja. Biasanya, pola tapaknya berbentuk V atau memiliki pola panah yang menunjuk arah rotasi. Kelebihan jenis tapak ban mobil ini yaitu mampu mengalirkan air dan mengurangi risiko aquaplaning. Jadi, cocok untuk jalanan basah atau berair.

2. Directional

Ban arah ganda ini memiliki pola tapak yang bisa rotasi dua arah berlawanan. Polanya simetris dengan alur panjang dari tengah ban ke bagian luar. Kelebihan ban directional yaitu pengaliran air yang baik, traksi yang memadai, dan memiliki jarak tempuh yang lebih panjang.

3. Asymmetric

Jenis tapak ban yang terakhir yaitu asymmetric atau asimetris. Sesuai dengan namanya, pola tapak bannya asimetris yaitu berbeda antara sisi dalam dan luar. Bagian dalamnya lebih banyak alur agar air mengalir dengan baik. Sedangkan bagian luarnya dibuat agar mampu memberikan traksi dengan baik saat menikung. 

Itulah informasi mengenai profil tapak ban mobil yang perlu Anda ketahui. Tapak ban mobil dari Dunlop sudah disesuaikan dengan peruntukannya. Jadi, Anda tinggal memilih ban sesuai dengan tipe mobil dan juga jalanan yang sering dilewati. Jika ingin mendapatkan informasi lainnya, Anda bisa mengunjungi website atau akun media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *