Nyeri Haid Bikin Badmood? Atasi dengan Cara Sederhana Ini, Yuk!

Mengalami kram perut sebelum dan saat lagi haid merupakan kondisi alami yang umum terjadi terhadap wanita. Efek yang dialami oleh setiap perempuan juga berbeda-beda. Biasanya ada yang merasakan nyeri pada perut hingga harus istirahat di rumah dan ada pula yang tidak merasakan apapun. Kalau kamu termasuk yang suka merasakan nyeri sebelum dan pas lagi haid, tentunya sering merasa badmood kan?

Rasa nyeri di perut ditambah mood yang buruk tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, biar aktivitas kamu gak terganggu, ada baiknya terapkan beberapa cara berikut untuk mengatasi nyeri haid. Cara-cara ini dijamin bisa meredakan rasa nyeri sebelum dan saat lagi haid.

1. Berikan Pijatan Pada Perut Bawah

Sumber: healthline.com

Untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada perut, berikanlah pijatan lembut pada bagian bawah perut dengan menggunakan minyak aromaterapi atau minyak esensial. Cara ini bertujuan untuk membantu melemaskan otot-otot di panggul agar terasa lebih rileks. Lakukanlah secara perlahan, dimulai dari gerakan memutar, lalu pijat di beberapa bagian tubuh lainnya seperti atas jempol, telunjuk, tempurung lutut, dan mata kaki. Dengan melakukan cara ini, dijamin akan membantu meredakan rasa nyeri haid yang kamu alami.

2. Perbanyak Minum Air Hangat

Sumber: pinterest.com

Mengkonsumsi banyak air tawar hangat mungkin gak akan mengurangi nyeri haid secara instan, tapi setidaknya cara ini bisa bikin perut kamu gak kembung lagi yang umumnya terjadi saat lagi haid. So, jangan lupa buat selalu minum air putih hangat saat lagi haid. Kamu bisa menyiapkan sebotol air putih hangat saat ingin beraktivitas di luar rumah. Menambahkan sedikit perasaan air lemon juga bisa kamu coba agar rasanya semakin menggugah selera.

3. Kompres Perut Pakai Air Hangat

Sumber: healthline.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa nyeri saat lagi haid adalah dengan mengompres perut bawah dengan memakai air hangat. Kamu bisa menggunakan botol atau handuk untuk alat pengompresnya. Cara satu ini dipercaya efektif untuk mengatasi rasa ngilu dan nyeri. Perut bawah dan otot rahim kamu pun akan lebih rileks jika mengompresnya dengan menggunakan air hangat.

4. Minum Jamu Kunyit Asam

Sumber: pinterest.com

Saat kamu lagi datang bulan, cobalah konsumsi jamu kunyit asam. Karena obat herbal satu ini dipercaya efektif membantu meredakan rasa kram pada perut sebab memiliki kandungan kurkumin yang akan menghambat produksi berlebih prostaglandin di dalam rahim. Selain meredakan rasa nyeri, ternyata jamu kunyit asam juga bisa menjadi obat pelancar haid lho. Tapi ingat, jangan terlalu sering minum jamu kunyit asam, sebab bisa beresiko terserang penyakit maag serta sakit perut. So, ada baiknya konsumsi jamu kunyit asam sesuai dengan batas wajar ya.

5. Melakukan Olahraga Ringan

Sumber: pinterest.com

Tak jarang ada sebagian wanita yang malas untuk melakukan kegiatan apapun saat lagi haid. Namun sebenarnya kamu harus melakukan aktivitas untuk meredakan rasa nyeri, yaitu dengan melakukan olahraga ringan. Kamu bisa melakukan jogging, peregangan, atau berlari supaya tubuh bisa memproduksi endorfin, dimana hormon tersebut bisa meredakan rasa ngilu atau sakit. Jadi, jangan malas buat bergerak dan berolahraga ya, geng!

Berbagai tips di atas semoga bisa membantu mengatasi masalah nyeri pada perut saat lagi haid. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *