mata berair

Cara Mengobati Mata Berair yang Tak Kunjung Sembuh

Mata yang berair setelah tertawa terbahak-bahak atau saat mengantuk mungkin menjadi hal yang wajar dan biasa. Namun, bagaimana jika mata yang berair tidak kunjung sembuh padahal sedang tidak mengantuk atau tertawa? Sebenarnya, mata berair merupakan salah satu gejala atau tanda adanya gangguan pada mata.

Penyebab mata yang berair bisa terjadi karena alergi, saluran air mata yang tersumbat, infeksi mata, hingga konjungtivitis. Jangan terlalu khawatir karena masalah tersebut akan cepat sembuh dengan perawatan yang tepat.

Cara Tepat Mengobati Mata Berair 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Menggunakan Tetes Mata

Salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi masalah ringan pada mata yaitu menggunakan tetes mata. Tetes mata yang ada di pasaran memiliki fungsi yang beragam, tergantung varian yang Anda pilih. 

Jika mata yang berair karena mata kering, maka tetes mata bisa berfungsi sebagai air mata buatan atau artificial tears. Sedangkan mata yang berair karena iritasi bisa menggunakan tetes mata yang mengandung antihistamin.

2. Menghindari Pemicu Alergi 

Sebelum mengatasi mata yang berair, maka Anda harus mengetahui penyebabnya. Ada beberapa penyebab mata bisa berair terus menerus, salah satunya karena alergi. Jika mata yang berair karena alergi, maka Anda wajib menghindari pemicu alergi. Jaga kebersihan rumah dari alergen. 

3. Kompres Kelopak Mata

Bintitan pada mata bisa juga menyebabkan mata terus berair. Apakah Anda mengalaminya? Jika iya, maka cara mengobati mata yang berair yaitu dengan cara mengompres kelopak mata menggunakan air hangat. Anda bisa mengompres selama 5-10 menit. Ulangi 3-5 kali sehari agar mata cepat sembuh. 

4. Hindari Radiasi UV

Terakhir, Anda wajib menghindari radiasi sinar UV atau sinar matahari saat kegiatan di luar rumah. Sebelum mata sembuh, maka Anda harus melindungi mata dengan kacamata hitam. Terutama ketika mata yang berair karena keratitis, maka wajib menghindari sinar UV. 

Itulah informasi dan pembahasan mengenai cara mengobati mata berair yang tak kunjung sembuh. Pastikan Anda mencari obat tetes mata yang tepat jika ingin menyembuhkannya. Obat tetes mata dengan kandungan tetrahydrozoline untuk mata merah, sedangkan kandungan hydroxypropyl methylcellulose untuk mata kering. Pilih varian produk Insto sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *