Nokia Dibeli Microsoft, Stephen Elop Dapat Rp 380 Miliar

Posted on Mei 4 2014 - 5:30pm by Deni Abdul Gani

idolatekno.com – Setelah Microsoft telah menyelesaikan pembayaran atas pembelian unit bisnis ponsel dan layanan Nokia tepatnya pada bulan April 2014 lalu, dikabarkan bahwa Stephen Elop yang perupakan mantan CEO Nokia mendapatkan insentif dalam bentuk tunai dan saham sebesar 33,4 juta dollar AS atau setara dengan Rp 380 miliar. Uang insentif ini menurut informasi yang beredar ternyata lebih tinggi dari yang telah dijanjikan sebelumnya yaitu 25 juta dollar AS, alasannya dikarenakan harga saham Nokia mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Uang insentif yang diterima oleh Stephen Elop ini pada akhir tahun 2013 lalu sempat menimbulkan sebuah kontroversi di antara masyarakat Finlandia. Masyarakat Finlandia tersebut emosi karena mereka melihat Stephen Elop yang merupakan eksekutif asing asal Kanada dengan seenaknya menerima uang bonus yang cukup tinggi dengan menjual unit bisnis yang sangat penting yaitu Nokia. Nokia sendiri merupakan sebuah perusahaan yang sangat melegenda dan memiliki nilai sejarah bagi masyarakat Finlandia.

Jyrki Katainen yang merupakan Perdana Menteri Finlandia juga ikut berkomentar mengenai ha ini, menurut beliau mekanisme insentif dari perusahaan-perusahaan besar yang ada di seluruh dunia ternyata memang benar-benar sangat luar biasa, saking luar biasanya sampai-sampai hal tersebut tidak dapat dimengerti oleh akal yang sehat.
Untuk meredam emosi dari publik Finlandia yang sangat meluap-luap, pihak Nokia sempat meminta agar Elop menerima uang bonus dengan nilai lebih kecil. Namun, menurut laporan dari surat kabar Finlandia yaitu Helsingin Sanomat, ternyata Elop menolak permintaan Nokia tersebut dengan alasan bahwa dia akan bercerai dan istrinya meminta bagian dari bonus yang diterimanya itu.

Setelah proses akuisisi selesai, Elop pun meninggalkan Grup Nokia dan kembali bekerja untuk Microsoft sebagai kepala wakil presiden bisnis perangkat, yang sekaligus bertanggung jawab atas perangkat konsol game Xbox, tablet Surface, hingga aksesori.

About the Author

Leave A Response