Mahasiswa Yogya Kembangkan Aplikasi untuk Google Glass

Posted on Mei 20 2014 - 6:00am by Deni Abdul Gani

idolatekno.com – Ternyata pengembang lokal juga tidak mau tertinggal dalam hal membuat sebuah aplikasi untuk diterapkan pada produk Google Glass. Pada awal bulan ini, tim mahasiswa dari jurusan Ilmu Komputer Universitas Gadjah Mada (UGM) telah mengumumkan tentang pengembangan aplikasi yang diberi nama Quick Disaster, aplikasi ini sengaja ditujukan untuk perangkat kacamata pintar tersebut.

Quick Disaster merupakan sebuah aplikasi yang dapat menyalurkan informasi yang berhubungan dengan usaha mitigasi bencana yang disajikan dalam bentuk audio visual lewat Google Glass.

Menurut keterangan yang tercantum dalam situs resmi UGM telah memberikan penjelasan bahwa bencana yang dimaksud diantaranya meliputi erupsi gunung berapi, tanah longsor, tornado, gempa bumi, hujan abu vulkanik, banjir, kebakaran, dan tsunami.

Dengan memanfaatkan produk Google Glass yang telah terpasang di kepala pengguna, maka aplikasi Quick Disaster bisa langsung menyalurkan informasi tersebut dengan jauh lebih cepat dan ringkas jika dibandingkan dengan mengguankan gadget mobile.

Aplikasi Quick Disaster ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengantisipasi bencana saat kejadian berlangsung.

Menurut Daniel Oscar Baskoro yang merupakan salah satu anggota dari tim riset Quick Disaster mengatakan bahwa menurut mereka perangkat digital ini pada suatu saat nanti akan menempel pada tubuh manusia seperti halnya nanti yang akan terjadi dengan adanya sebuah teknologi jam pintar atau gelang pintar.

Namun untuk sekarang ini aplikasi Quick Disaster masih berada dalam tahap riset dan sedang dicoba untuk lebih dikembangkan lagi agar dapat menyempurnakan sejumlah fitur yang kini sudah ada. Rencananya dalam waktu dekat ini aplikasi Quick Disaster akan dipresentasikan dalam acara konferensi internasional yang akan diselenggarakan di kawasan Eropa dan Amerika.

About the Author

Leave A Response