Rencana Apple Beli Beats Terhalang

Posted on Mei 26 2014 - 1:06pm by Deni Abdul Gani

idolatekno.com – Sepertinya langkah yang dilakukan oleh perusahaan Apple untuk melakukan sebuah akuisisi terhadap Beats Electronics yang merupakan produsen yang bergelut dibidang pembuatan headphone yang bermerek Beats, rupanya telah diprediksikan tidak akan beres dalam waktu dekat ini. hal tersebut terjadi karena menurut para pengamat ternyata masih ada beberapa faktor yang bisa menjadi penghambat dari proses akuisisi tersebut.

Menurut informasi yang beredar, perusahaan Apple akan mengakuisisi Beats dengan nilai 3,2 miliar dollar AS atau hampir setara dengan Rp 37 triliun. Namun sepertinya proses negosiasi yang baru berada di tahap awal tersebut masih memerlukan waktu yang lama untuk dapat terealisasi.

Para pengamat telah menyebutkan bahwa yang menjadi kendala utama yang dapat menghambat dari proses akuisisi ini diantaranya yaitu nilai 3,2 miliar dollar yang telah ditawarkan oleh perusahaan Apple yang disinyalir akan menjadi sebuah nilai akuisisi terbesar di sepanjang sejarah perusahaan Apple.

Kabar mengenai adanya proses akuisisi yang dlakukan oleh perusahaan Apple ini juga memang terlalu cepat beredar di kalangan masyarakat sehingga hal tersebut dapat menimbulkan banyak spekulasi yang berbeda-beda. Apalagi proses akuisisi tersebut juga merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Apple di bawah kepemimpinan Tim Cook.
Menurut catatan dari Billboard ternyata layanan musik streaming dari Beats Music merupakan sebuah unit bisnis yang berbeda yang dimiliki oleh Beats Electronics. Jika perusahaan Apple ingin memberikan sebuah layanan akses musik yang tak terbatas, maka proses persetujuan mengenai harganya pun akan menjadi sebuah diskusi yang akan berjalan secara alot.

Beberapa pengamat musik juga memang meragukan kapasitas dari dua pendiri perusahaan Beats yaitu Dr. Dre dan Jimmy Iovine yang merupakan eksekutif di Apple, apalagi setelah melihat perayaan yang dilakukan oleh Dr. Dre di sebuah jejaring sosial atas kabar berita mengenai proses akuisisi yang belum resmi diumumkan tersebut.

Pada beberapa waktu sebelumnya, sahamdari Beats sempat dibeli oleh pabrikan smartphone Taiwan yaitu HTC, adapun jumlah saham tersebut yaitu sebanyak 50,1 persen yang senilai dengan 300 juta dollar AS. Setelah itu HTC telah mengintegrasikan teknologi audio tersebut ke dalam perangkat-perangkat smartphone-nya.

Namun ternyata proses kerja sama tersebut mengalami kegagalan dan tidak dapat memberikan sebuah nilai tambah yang berarti, setelah kegagalan tersebut terjadi maka pada bulan September 2013 yang lalu HTC memutuskan untuk menjual kembali seluruh saham Beats yang telah dimilikinya.

About the Author

Leave A Response