bisnis

Cara Mendapatkan Pinjaman Dana Tunai

Ada banyak sekali cara mendapatkan pinjaman dana tunai, bisa melalui berbagai macam lembaga atau melalui berbagai macam cara. Dana atau modal memang sesuatu yang harus dimiliki untuk mendukung segala aspek kehidupan, tak terkecuali dengan sebuah usaha atau bisnis. Ketika hendak memulai sebuah usaha atau bisnis modal sangat dibutuhkan kalau bisnis tersebut berhubungan dengan barang atau jasa yang membutuhkan sokongan biaya. Misalnya saja usaha restoran, usaha percetakan dan lain-lain yang mana kesemuanya membutuhkan modal untuk membeli peralatan yang berkaitan. Modal atau dana ini adalah masalah terbesar yang dihadapi oleh seseorang.

 

Mencari pinjaman dana tak semudah membalikkan telapak tangan, tak banyak orang atau lembaga yang memiliki banyak uang dan mau meminjamkan kepada orang lain. Jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan pinjaman adalah dengan cara meminjam kepada bank. Jalan tersebut dirasa sangat mudah dan efisien bagi mereka yang memiliki sesuatu untuk digadaikan atau dijadikan jaminan. Namun bagaimana bila tak ada apapun barang atau surat berharga untuk dijadikan jaminan? Maka seseorang yang membutuhkan uang harus memutar otak lebih untuk mendapatkan uang. Apakah harus menunda atau membatalkan rencana usaha yang sudah disusun dengan matang aibat dari tidak punya modal? Kalau memang hal tersebut adalah berupa usaha yang bisa ditunda, maka hal itu akan bisa ditunda, namun kalau hal yang dimaksudkan adalah berupa acara atau kegiatan yang mendesak yang membutuhan pembiayaan, maka hal itu akan sangat sulit untuk dilakukan. Misalnya saja, kecelakaan mendadak, acara wisuda, pernikahan dan lain sebagainya. Harus ada alternatif lain untuk mendapatkan pinjaman.

Berikut ini adalah beberapa alternatif yang dapat dicoba dan dilakukan untuk mendapatkan dana atau modal.

Menjual barang pribadi

Kedengarannya memang tidak memungkinkan dan hanya mendapatkan sedikit uang, namun hal ini dapat dilakukan daripada harus meminjam uang kepada pihak lain.ada beban tersendiri yang akan dirasakan kalau harus meminjam uang kepada pihak lain. Belum lagi kalau pinjaman tersebut memiliki bunga yang harus dibayarkan setiap bulannya. Anda bisa menjual barang yang sekiranya memiliki harga bila dijual, contohnya seperti televisi, kulkas, mesin cuci atau barang lainnya. Menjual kendaraan juga boleh saja dilakukan, namun kalau hal itu malah mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, sebainya hal itu tidak dilakukan. Sebab Anda juga masih perlu untuk melakukan mobilisasi dengan cara berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Meminjam dana dari orang terdekat

Hal ini dapat menjadi alternatif selanjutnya yang dapat Anda lakukan. Orang terdeat bisa saja saudara, sahabat, kolega atau yang lainnya. Anda bisa memulai dengan cara menceritakan rencana bisnis atau kegiatan yang ingin Anda lakukan kedepannya dan mengapa Anda layak untuk mendapatkan pinjaman tersebut. Jangan memaksa bila tak mendapatkan pinjaman dari orang terdekat. Masih ada alternatif lain yang dapat dicoba.

Meminjam dari pinjaman dana online

Saat ini berkat kecanggihan teknologi dan segala macamnya, segala hal menjadi lebih mudah dan praktis. Pesan makan bisa melalui aplikasi online, pesan pijat juga bisa melalui aplikasi online. Tak terkecuali dengan meminjam uang, saat ini sudah ada website penyedia jasa pinjaman online yang dapat membantu kesusahan Anda. Anda hanya tinggal mengetikkan kata kunci saja lalu beberapa website yang bersangutan akan muncul. Akan ada banyak sekali website penyedia jasa pinjaman, Anda tinggal memilih yang sekiranya pas bagi Anda. Sekedar saran, pilihlah website teratas agar lebih menjanjikan. Persyaratan yang dimaksudkan untuk mendapatkan pinjaman ini cukup mudah, hanya tinggal menyediakan scan atau soft file data diri berupa kartu identitas dan surat lainnya yang dipersyaratkan. Anda bisa mengeceknya dengan cara membuka website yang dimaksudkan. Metode pinjam uang dengan cara online ini tergolong mudah dan merupakan inovasi baru dalam dunia finansial. Prosesnya mudah dan bunga yag ditawarkan sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkan sampai dengan beberapa juta untuk sekali pinjaman.

Kredit BPR

Cara lain yang dapat Anda lakuan adalah dengan cara meminjam uang kepada BRP atau Bank Perkreditan Rakyat. Melalui lembaga tersebut Anda dapat mendapatkan pinjaman dana dengan bunga yang terjangkau. Persyaratan untuk mendapatkan pinjaman memerlukan dokumen yang lumayan kompleks dan rumit. Namun kalau dari segi proses, termasuk mudah, dengan catatan berkas sudah lengkap. Anda bisa menuju BPR terdekat di rumah Anda. Di areal pedesaan bahkan BPR sudah banyak tersedia untuk membantu keuangan masyarakat.

Itulah tadi beberapa cara untuk mendapatkan dana tunai secara mudah. Memang tak pernah ada sesuatu yang instan di dunia ini. Semuanya membutuhkan proses, agar tidak terjebak dengan kebutuhan dana mendesak dan rumit, mulailah menabung tiap bulan meski sedikit. Bila saatnya tiba nanti tabungan tersebut dapat digunakan untuk hal yang mendesak.

Tags

Related Articles

Close