Fungsi Teknologi Kontrol Stabilitas Elektronik di Mobil
Aksesoris Otomotif Teknologi Kendaraan

Fungsi Teknologi Kontrol Stabilitas Elektronik di Mobil

Teknologi kontrol stabilitas elektronik dirancang untuk meningkatkan stabilitas kendaraan dan membantunya mempertahankan traksi di jalan. Karena ini elektronik, mungkin menduga bahwa itu menggunakan teknologi terkomputerisasi untuk mendeteksi kapan mobil kehilangan traksi dan mulai tergelincir. Ini disebabkan serangkaian sensor yang dipasang di mobil untuk mendeteksi hal-hal ini. Secara keseluruhan, jika kendaraan membelok ke arah yang di tuju, maka rem roda akan secara otomatis diterapkan ke masing-masing roda. Sebagai contoh, jika Anda mengalah pada belokan, maka roda belakang bagian dalam akan memiliki rem yang diterapkan padanya. Jika oversteer, maka roda depan luarĀ  akan menerapkan rem.

Di bawah ini adalah sensor utama dari teknologi kontrol stabilitas elektronik yang melakukan fungsi-fungsi dasarnya.

Akselerasi Lateral – Sensor untuk akselerasi lateral adalah yang mendeteksi kekuatan dan kecepatan putaran Anda. Ini dapat dikombinasikan dengan sensor lain juga tetapi sensor akselerasi lateral adalah yang mendeteksi apakah oversteering atau memahami belokan.
Fishtail Prevention – Ada sesuatu yang disebut fishtailing yang menjelaskan kapan roda belakang mobil mulai berkurang daya tariknya. Beginilah biasanya oversteering terjadi. Ini mungkin terjadi jika mengemudi di permukaan kasar seperti jalan yang tertutup es, salju, hujan, kerikil, atau pasir. Untungnya, sensor kecepatan menguap mendeteksi arah kendaraan dan ketika fishtailing akan terjadi.
Posisi Roda Kemudi – Sensor posisi roda kemudi adalah cara kendaraan mengetahui arah mana yang ingin Anda kendarai. Ini membandingkan kemudi Anda dengan arah aktual di mana kendaraan berjalan. Jika sensor menemukan arah untuk keluar jalur, ia memberitahu ini ke modul kontrol dan kemudian pengereman secara otomatis diterapkan untuk mengembalikan setir ke posisinya.
Sensor Kecepatan Roda – Sensor kecepatan roda adalah sensor yang sangat penting yang bergantung pada semua sensor lainnya. Karena sensor ini mendeteksi kecepatan roda Anda, ia akan tahu berapa banyak daya rem yang dibutuhkan dalam keadaan tertentu di mana Anda kehilangan stabilitas kendaraan.

Dulu mobil mewah hanya memiliki teknologi kontrol stabilitas elektronik di dalamnya, tetapi sekarang tidak lagi. Sebagian besar mobil baru memilikinya di dalamnya juga. Setelah mengalami keajaiban teknologi ini dan bagaimana ini menstabilkan pengalaman berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *