Ini Dia 5 Tips Aman Saat Ambil Uang Di Atm

Siapa yang belum tahu kepanjangan dari ATM?. Singkatan ATM tersebut diambil dari bahasa inggris yang berarti Automatic Teller Machine. Sesuai dengan namanya mesin ATM menyediakan mesin teller otomatis untuk mengambil uang. Anda tinggal memasukkan kartu dan PIN kemudian pilih menu di dalam mesin sesuai dengan kebutuhan anda.

Tiap Bank memiliki prosedur pengambilan uang dan fasilitas yang berbeda, maka dari itu kenali dua hal tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan anda dalam mengambil uang di ATM

Dewasa ini, kejahatan yang terjadi pada saat pengambilan uang melalui ATM sering terjadi seperti di kawasan industri. Berbagai macam cara dan modus pun dilakukan oleh pelaku kejahatan, demi mengambil keuntungan tersebut. Akan tetapi, hal tersebut dapat kita cegah dengan beberapa cara berikut ini :

  • Perhatikan Lingkungan Sekitar

Lingkungan saat proses pengambilan uang di ATM sangat penting seperti lokasi ATM, orang orang sekitar dan lain sebagainya. Hindari mengambil uang di tempat sepi dan rawan kejahatan. Perhatikan juga orang disekitar lokasi, hindari pengambilan uang di lokasi yang terdapat orang dengan gerak gerik mencurigakan. Selain itu dianjurkan untuk mengambil uang di ATM yang menjadi satu dengan bank, karena biasanya di dalam bank selalu ada petugas kemanan yang berjaga, dan gedung juga sudah dilengkapi oleh CCTV

  • Tunggu Kartu Keluar

Tiap bank memiliki prosedur yang sedikit berbeda dalam proses pengambilan uang. Banyak sekali orang yang langsung pergi apabila sudah menerima uang, hal ini akan sangat rawan kartu dan struk transaksi tertinggal. Maka dari itu pada saat melakukan transaksi pastikan kartu dan struk sudah anda terima, atau sampai tulisan di ATM adalah ucapan terimakasih.

  • Amankan Bukti Transaksi

Setelah anda menunggu kartu keluar jangan lupa ambil bukti transaksi apabila anda memilih untuk mencetaknya. Setelah anda menerima bukti transaksi anda boleh membawa bukti transaksi tersebut atau dirobek dahulu sebelum anda membuangnya. Karena selain sebagai tindakan preventif Info saldo yang tertera di struk bukti transaksi perlu anda simpan sebagai privasi.

  • Manfaatkan cermin ATM

Pada beberapa mesin ATM dilengkapi oleh cermin sederhana yang tertempel di mesin tersebut. Hal ini dilakukan agar anda bisa waspada dengan orang orang di belakang anda pada saat anda mamsukkan PIN atau bertransaksi.

  • Kombinasi PIN Yang Rumit

Buat kombinasi PIN ATM anda yang mudah anda ingat tapi rumit, hindari kombinasi sederhana sepert “1234” atau “4321” juga hindari kombinasi PIN yang sama dengan Bulan dan tanggal lahir anda.

Itu dia 5 tips sederhana yang dapat anda lakukan demi mencegah terjadinya kejahatan pada saat anda mengambil ATM. Beberapa bank sudah memperbarui sistem keamanan seperti mesin deposito bca, apabila kartu anda tertinggal mesin ATM akan langsung mengambil kartu tersebut dengan cara memasukkan kartu secara otomatis apabila kartu tidak diambil untuk waktu yang telah ditentukan. Mulai sekarang terapkan 5 tips tadi ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *