Software Audit Energi Mampu Pantau Penggunaan Energi Rutin

audit energi

Rahasia andalan untuk menghemat penggunaan energi perusahaan-perusahaan besar di sektor industri adalah proses audit energi . Dengan melakukan audit energi secara teratur, kebocoran penggunaan energi dalam proses produksi dapat dihindari atau diminimalisir. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, cara terbaik melakukan audit energi secara mendalam dan terpercaya adalah dengan menggunakan auditor dari pihak ketiga pemberi jasa audit energi. Namun, buat Anda yang ingin mengontrol penggunaan energi dalam lingkungan perusahaan atau pabrik Anda setiap bulan, bisa menggunakan software khusus yang didesain untuk menghitung penggunaan energi yang biasa disebut software audit energi.

Software audit energi adalah sebuah program atau aplikasi komputer yang memungkinkan pemilik pabrik untuk mencatat semua pengeluaran energi yang terlibat dalam proses produksi di pabriknya. Penggunaan software audit energi ini sangat disarankan bagi Anda yang telah melakukan audit energi melalui auditor terlebih dahulu. Sebab dengan memperoleh hasil audit energi yang lengkap dan mendalam dari auditor, Anda akan mendapatkan patokan terpercaya seputar penggunaan energi di pabrik Anda. Setelah itu, Anda bisa menggunakan hasil tersebut untuk memantau penggunaan energi bulanan Anda dengan cara membandingkannya dengan hasil yang Anda dapat dari software auditor tersebut. Jika setelah beberapa waktu hasil audit dari software audit energi menunjukkan hasil yang lebih besar dari hasil auditor, maka kemungkinan besar masih terjadi kebocoran energi dalam proses produksi Anda.

Memilih software audit energi

Dalam memilih software audit energi, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan seperti kinerja perhitungan, tingkat detil informasi, cara penyampaian laporan, serta jika memungkinkan, data yang disajikan berupa gambar agar lebih mudah dipahami dan terlihat menarik. Kinerja software berkaitan erat dengan lama waktu yang diperlukan oleh software untuk melakukan kalkulasi energi. Semakin cepat suatu software melakukan perhitungan, maka semakin banyak waktu yang dapat Anda hemat, asal tidak melupakan akurasi perhitungan. Detail informasi yang diberikan juga sangat mempengaruhi sejauh mana Anda mengetahui kebocoran energi yang ada dan bagaimana menanggulanginya. Laporan yang disajikan secara detail, rapi, dan terkandung grafik di dalamnya akan menambah nilai kenyamanan saat menggunakan software tersebut.

Penggunaan software audit energi secara mandiri saja tanpa pernah menggunakan jasa auditor energi profesional sangat tidak disarankan. Namun, akan sangat baik jika Anda menggunakan software audit energi sendiri setelah melakukan audit energi secara profesional untuk mengantisipasi kebocoran energi di waktu yang akan datang.