Rancangan Teknologi Masa Depan Abad ke 21

Posted on Sep 11 2014 - 10:24am by idolatekno

Teknologi bertujuan untuk memudahkan semua kegiatan manusia, pasalnya jika tidak membuat perkembangan canggih maka pekerjaan seolah-olah akan lebih lamban. Ilmuwan dunia tidak akan berhenti untuk melakukan terobosan baru tentang kecanggihan teknologi. Dari perangkat-perangkat ini Saya akan membahas 2 perangkat teknologi yang sederhana tetapi sangat canggih. Berikut peralatan canggih yang sebentar lagi akan mengubah dunia.

 

  1.   Kartu Kredit Digital : Sebuah kartu kredit dengan tampilan LCD, telah diluncurkan pada awal tahun 2014. kartu kredit ini serupa dalam bentuk dan ukurannya, dengan memiliki 12 tombol dan display memakai energi baterai yang bertahan lamanya hingga tiga tahun! Wow! Pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor PIN disetiap kali ingin berbelanja online, kemudian kartu ini pun akan menampilkan security code yang harus di entri ke dalam website tersebut. Jika kode yang dikonfirmasi oleh server maka telah dinyatakan terdeteksi, pembelian pun akan disetujui.Kartu ini dapat membuat para pengguna belanja online aman dari penipuan.
  2.  Baterai Berbahan Dasar Air : Para ilmuwan Amerika dari University of Southern California (USC) mencari alternatif agar bebas dari isu mudah panas ketika baterai digunakan. baterai organik berbasis air ini sebuah penemuan yang diklaim lebih murah, ramah lingkungan dan juga berpotensi untuk scaling up yang digunakan untukangin dan pembangkit listrik tenaga surya, karena bisa menyimpan energi yang cukup besar.Teknologi yang ini merupakan baterai yang beraliran redux organik. Temuan ini serupa seperti Helios drone bertenaga listrik yang dikembangkan oleh NASA. Mengandung bahan kimia elektroaktif dengan cara kerjanya memompa sel untuk membagi membran dan menghasilkan tenaga listrik. Kekuatan baterai pun tergantung kapisatas seberapa besar daya yang dimiliki baterai itu sendiri. Bertahan hingga 5.000 kali dalam isi ulang baterai, yang menurut Profesor Sri Narayan, salah satu profesor Kimia di USC Dornsife College of Letters, Arts, and Sciences dapat bertahan 15 tahun dari umur baterai. memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan baterai lithium-ion ataupun varian yang lain. Karena baterai Lithium ion yang kualitasnya telah menurun setelah 1.000 kali pengisian ulang dengan biaya produksi satu buah baterai yang 10 kali lebih mahal. Kunci yang paling utama menjadikan baterai yang ramah lingkungan ini adalah penggunaan bahan elektroaktif. Pada sesi uji coba ini, para peneliti telah mengembangkan senyawa organik yang teroksidasi disebut kuinon. Kuinon ini terdapat pada jamur, tanaman, bakteri, dan hewan-hewan yang terlibat dalam proses respirasi selular dan fotosintesis.Kuinon saat ini telah diproduksi dari bahan hidrokarbon aktif, bukan dari sebuah karbondioksioda. Baterai ini sebagai bagian dari upaya untuk menghemat biaya dan lingkungan. Sayangnya tim peneliti, belum pernah mengujicoba terhadap penggunaan baterai ini langsung ke perangkat yang membutuhkan energi baterai.

Nantikan sesi-sesi lain untuk teknologi Dunia yang sedang dikembangkan dan menjadikan kecanggihan zaman yang tak lama lagi menjadi super 21 century.

About the Author

Leave A Response