Cara Tradisional Untuk Menghemat Listrik

Posted on Sep 12 2014 - 3:47am by rida tera

Cara hemat energi harus ditanamkan mulai dari sekarang mengingat sumber daya energi yang ada didunia memiliki batasan. Oleh karena itu mulai saat ini ada baiknya kita tanamkan budaya ini untuk kita dan anggota keluarga lainnya. Tahapan pertama bisa anda lakukan dari lingkungan rumah tempat anda tinggal. Jika anda tinggal di wilayah perkotaan yang padat penduduk anda harus bisa menyiasati bagaimana membuat rumah yang nyaman dan sejuk tanpa harus menggunakan alat pendingin.

Seperti yang kita ketahui banyak gedung-gedung perkantoran bahkan rumah-rumah penduduk juga yang sudah dilengkapi dengan alat pendingin. Alat pendingin ruangan bisa berupa AC atau Air Conditioner dan kipas angin. Namun akan lebih baik jika anda mendesain rumah yang di dalamnya memiliki udara yang dingin dan sejuk tanpa harus menggunakan kedua alat elektronik tersebut. Disini saya akan mengajak anda untuk membuat desain rumah yang demikian dengan cara tradisional.

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah buat ventilasi sebisa mungkin di setiap ruangan yang terdapat dalam rumah. Dengan cara seperti itu maka sinar matahari dapat masuk sehingga menerangi ruangannya. Cara kedua adalah memilih bahan yang baik untuk atap atau dinding rumah anda.

Jika anda membangun rumah di tengah-tengah pemukiman padat penduduk pasti hawa yang dirasakan akan panas. Sehingga ada baiknya anda menggunakan bahan atap bangunan yang dapat mendinginkan suhu di dalam ruangan contohnya atap yang berbahan tanah atau genteng dan kemarik.Dengan pemilihan tersebut saat udara sedang panas juga anda tidak akan merasa kepanasan saat berada di dalam rumah. Cara seperti ini tentu saja dapat hemat energi listrik karena tidak ada pemakaian alat bantu istrik.

About the Author

Leave A Response